Katolikpedia.id

Cerita Unik Romo Chris Piasta, Si Pelayan Misa untuk Penumpang Pesawat di Bandara

Kapel Our Lady Bandara John F Kennedy New York

Katolikpedia.id – Sejauh ini Romo Chris Piasta menjalankan sebuah tugas pelayanan yang unik. Ia bertugas mempersembahkan Misa untuk penumpang pesawat di Bandara Internasional John F. Kennedy (JFK) Kota New York, Amerika Serikat.

Umat yang menghadiri Misa adalah karyawan Katolik di bandara dan calon penumpang pesawat. Jadi, umat yang sedang menunggu pesawat, daripada bengong, bisa mengisi waktu dengan mengikuti Misa.

Kapel untuk Misa ada di Terminal 4 dengan nama Kapel Our Lady of the Skies. Di situlah Romo Piasta sering mempersembahkan Misa untuk penumpang pesawat yang sedang menunggu untuk mengawali penerbangan atau menanti transit pesawat.

Dengan jumlah karyawan bandara yang mencapai 40.000 orang dan 60 juta penumpang pesawat di Bandara JFK tiap tahun, kapel mungil ini tak pernah sepi. Saban hari, ada saja orang yang singgah di kapel untuk Misa atau sekedar berdoa.

Menurut Romo Piasta, Misa untuk penumpang pesawat ini merupakan simbol cinta kasih dan pelayanan. Sebab, dengan kondisi terbuka dan hiruk pikuk bandara, selain pelayanan jasmani, orang pasti butuh pelayanan rohani.

“Kami tidak bertanya, ‘Apa agamamu?’ Kami hanya bertanya bagaimana kami dapat membantu,” kata Pastor Piasta dalam sebuah wawancara dengan NY1, seperti dilansir dari Aleteia.org (Kamis, 13/6/2019).

Our Lady of the Skies Chapel
Our Lady of the Skies Chapel (Foto: ebay.com)

Meski “hanya” sebuah kapel kecil, aktivitas di kapel ini tak kalah sibuk dengan gereja-gereja di paroki. Misa dijadwalkan lima kali dalam seminggu. Selain itu, kapel dibuka untuk siapa saja yang datang ke situ untuk berdoa secara pribadi atau hanya sekedar buat istirahat.

Pelayanan sakramen pun tersedia, mulai dari Sakramen Baptis, Sakramen Tobat, Sakramen Ekaristi, dan Sakramen Perkawinan.

“Selain Misa untuk penumpang pesawat, saya biasa berjalan kaki mengitari Bandara untuk bertemu dan menjalin komunikasi dengan para karyawan Bandara,” ujar Romo Piasta.

Alumnus The John Paul II Catholic University of Lublin, Polandia ini melanjutkan, “Kami ingin umat yang sedang sibuk atau dalam perjalanan tetap bisa merasakan kehadiran Gereja. Kami ingin memenuhi kebutuhan rohani mereka saat mereka menginginkannya, tanpa harus membuat janji terlebih dahulu”.

Pastor Chris Piasta Memimpin Misa untuk Penumpang Pesawat

Selain memberi pelayanan rutin, Romo Piasta dan para relawan juga memberikan bantuan sosial ketika terjadi kecelakaan dalam penerbangan atau sejenisnya. Itu sudah menjadi ciri khas kapel ini.

Bagi Romo Piasta, pelayanan seperti ini merupakan sebuah petualangan. “Setiap hari ketika saya pergi ke bandara, saya tidak tahu siapa yang akan saya temui atau apa yang akan saya lihat; pelayanan yang sangat menantang. Itu membuat saya sangat senang bahwa saya dapat memberikan bantuan kepada mereka,” ujarnya.

Romo Piasta mulai bertugas di kapel Our Lady of the Skies pada 2010. Sehari-hari ia tinggal di Paroki St. Joseph Jamaika Selatan, kota New York.

Inilah kisah unik Romo Piasta yang menyediakan diri melayani umat yang sedang dalam perjalanan. Menurutmu, apakah di bandara-bandara Indonesia pelayanan seperti ini dimungkinkan?

Silakan tuliskan komentar atau pendapatmu di kolom komentar, silakan SHARE artikel ini.

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Jadwal Misa Kenaikan dan Penutupan Bulan Maria di Area Jakarta

Edeltrudizh

Paus Fransiskus : Jangan Keras Kepala seperti Petrus. Belajarlah Memaafkan!

Edeltrudizh

Tak Hanya Kepada Bunda Maria, Paus Fransiskus Punya Devosi Khusus Kepada Santo Ini

Tiwie Pert

Leave a Comment