Katolikpedia.id

Sedih Banget! Hanya dalam Sebulan Romo Joseph Kehilangan Ayah dan Gurunya

Ayah Romo Joseph Dutan Meninggal Karena Covid-19

Katolikpedia.id – Romo Joseph Dutan berulang diterpa berita duka dalam sebulan terakhir. Dua orang yang paling dicintainya pergi untuk selamanya. Kematian dua orang itu membuatnya merasa ditinggalkan.

Dua orang yang paling dekat dengannya itu meninggal setelah terpapar covid-19. Yang terbaru adalah kepergian ayah tercinta. Ayah Romo Joseph Dutan meninggal dan dimakamkan pada Selasa, 12 Mei 2020, seperti dilansir Cruxnow.com (15/5/2020).

Seorang fotografer AP, Jessie Wardarski, berhasil mengabadikan momen ketika Romo Joseph menghadiri pemakaman ayahnya, Manuel Dutan, di pemakaman St. John di wilayah Queens di New York, Amerika Serikat. Tampak ia memeluk dan menenangkan keponakannya, Valerie Dutan.

Sebelum meninggal, Manuel Dutan sempat dirawat di sebuah rumah sakit di New York. Dulu, di rumah sakit itu Romo Joseph juga pernah dirawat, bahkan diselamatkan dari sakit leukemia. Namun, kini beruntungan tidak datang kepada ayahnya. Virus corona merenggut orang yang sangat ia cintai itu.

BACA: Cemas Karena Covid-19? Yuk, Coba Renungkan 10 Ayat Alkitab Ini!

Orang kedua yang pergi untuk selamanya adalah Romo Jorge Ortiz, seorang imam Katolik yang sangat dikenal di Amerika Serikat.

Menurut pengakuan Romo Joseph, Romo Ortiz adalah gurunya. Ia berperan sangat besar dalam kisah panggilannya. Ia belajar banyak dari Romo Ortiz. Panggilan dan perutusannya sebagai seorang imam ia timba dari gurunya itu.

Kepergian Romo Ortiz meninggalkan duka yang sangat mendalam di sanubarinya. Ia mengajak semua umat untuk mendoakan keselamatan jiwa Romo Ortiz.

Bagi imam kelahiran 32 tahun ini, minggu-minggu pandemi telah menjadi perjuangan yang unik. Berbagai kisah sedih datang menghapirinya setiap hari.

Selain kehilangan keluarga, ia juga terus mendengarkan cerita-cerita sedih dari umat se-paroki tempat ia bertugas yakni Paroki St Brigita Brooklyn, New York.

Bagaimana tidak? Pemakaman yang terletak tak jauh dari Gereja St Brigita tak pernah sepi. Setiap hari selalu ada kegiatan pemakaman di tempat peristirahatan terakhir itu.

Bunyi sirene yang meraung hampir setiap hari saat melintasi depan gereja selalu mengingatkan Romo Joseph akan orang-orang yang pergi meninggalkan keluarga untuk selamanya karena covid-19.

Mari kita sama-sama memanjatkan doa agar pandemi ini segera berakhir. Kita juga berdoa bagi mereka yang meninggal agar diberi tempat yang layak dan mereka yang ditinggalkan tetap untuk terus berjuang.

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Inspiratif! Lawan Corona, Sejumlah Negara ini Berlindung di Bawah Naungan Bunda Maria

Edeltrudizh

Daraskan Novena Kepada St Peregrinus, Berdoalah Bagi Penderita Kanker

Tiwie Pert

Ziarah Batin 2020 Sudah Terbit! Ini 5 Alasan Orang Katolik Harus Membacanya

Admin

Leave a Comment