Katolikpedia.id

Tabernakel dan Hosti Kudus di Gereja Katolik ini Dicuri Orang tak Dikenal

tabernakel-dan-hosti

Katolikpedia.id – Sebuah tabernakel beserta Hosti Kudus dicuri orang tak dikenal. Peristiwa ini terjadi di Gereja Katedral St. Catherine of Alexandria, kota Ontario di Negara Kanada pada 8 September 2020.

Jejak pencuri sempat terekam CCTV yang terpasang di dalam Gereja. Seorang pria dan wanita diyakini sebagai pelaku utama tindakan pencurian ini.

Dari hasil rekaman CCTV, diketahui bahwa pria dan wanita ini mulai menjalankan misi buruk mereka sekitar pukul 04.30 pagi, waktu setempat.

Sayangnya, wajah pelaku tak bisa diidentifikasikan dengan jelas karena saat itu suasana Gereja dalam kondisi sedikit gelap. Hanya beberapa lampu yang dinyalakan.

Pastor Paroki Gereja Katedral St. Catherine of Alexandria, Pastor Donald Lizzotti menduga, pelaku selama ini sudah mengawasi area Katedral sebelum beraksi.

Baca Juga: Jatuh Tersungkur Saat Misa, Pastor ini Meninggal Dunia

tabernakel-dan-hosti
(Foto: rostyslav Tverdostup)

“Sebelumnya, mereka mengawasi dan kemudian kembali lagi. Mereka membongkar tabernakel dan meletakkannya di lantai. Lalu mencungkil perunggu pada pintu tabernakel, sebelum akhirnya mengambil seluruh isinya,” kata Pastor Lizzotti.

Kasus ini juga sudah ditanggapi Uskup setempat. Dilansir dari Catholic News Agency, Mgr Gerard Paul Bergie, Uskup Keuskupan St. Catherine meminta pelaku agar bersedia mengembalikan Tabernakel beserta isinya.

Menurut Uskup kelahiran Hamilton ini, tabernakel dan hosti bukan emas atau benda berharga lainnya yang bisa menghasilkan uang jutaan rupiah.

“Itu tidak menghasilkan uang. Tolong kembalikan kepada kami,” kata Mgr Bergie.

Mgr. Bergie menegaskan bahwa Hosti Kudus yang terdapat dalam tabernakel adalah hal paling berharga dan tak tergantikan oleh apapun.

“Tabernakel bisa diganti. Tapi Isinya itulah yang sangat berharga bagi kami. Itulah yang tak tergantikan,” ujar Uskup Bergie.

Uskup berusia 61 tahun ini juga memohon agar pelaku tidak merusak Hostia Kudus tersebut. Ia bahkan menjamin bahwa tak akan ada interogasi dari pihak Gereja, jika pelaku mau mengakui perbuatannya.

Baca Juga: Wow! Ini 5 Mukjizat Ekaristi Paling Fenomenal dalam Gereja Katolik

“Tidak ada pertanyaan, jika mereka mengembalikannya,” terang Mgr Gerard Paul Bergie.

Peristiwa pencurian tabernakel dan Hosti Kudus ini masih dalam proses penyelidikan polisi setempat. Menurut keterangan yang dibeberkan pastor paroki, sampai saat ini polisi belum berhasil menemukan sidik jari pelaku. Bisa dikatakan, pelaku melakukan aksinya dengan cukup professional.

Kejadian ini menambah daftar kasus pencurian dan pengrusakan yang selama ini terjadi di Katedral St.Catherine of Alexandria, usai proses renovasi pada 2019 lalu.

Kita doakan agar kasus pencurian tabernakel dan Hosti Kudus ini segera terselesaikan dan berharap kasus serupa tidak menimpa Gereja Katolik lainnya di belahan benua mana pun.

Sumber: catholicnewsagency.com

Ikuti berita update Katolik lainnya di youtube kami, Katolik Pedia

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Romo Muda Ini Ditemukan Meninggal di Kamar dengan Luka Tembak

Steve Elu

Inspiratif! Lawan Corona, Sejumlah Negara ini Berlindung di Bawah Naungan Bunda Maria

Edeltrudizh

Tiga Minggu Dirawat di RS, Begini Kondisi Terkini Uskup Agung Medan

Edeltrudizh

Leave a Comment