Katolikpedia.id

Ini Tanggapan Kardinal Suharyo tentang Rencana Paus Fransiskus Datang Ke Indonesia

Kardinal Suharyo tentang Paus Datang ke Indonesia

Katolikpedia.id – Ketua Konferensi Waligereja Indonesia Kardinal Ignatius Suharyo menanggapi kabar tentang rencana Paus Fransiskus datang ke Indonesia.

Tanggapan tersebut disampaikan dalam sebuah wawancara dengan Detik.com, di Gereja St Perawan Maria Diangkat Ke Surga Katedral Jakarta, jelang akhir tahun 2019 yang lalu.

Menurut Kardinal Ignatius Suharyo, tanda-tanda Paus Fransiskus melirik Indonesia sebagai salah satu negara yang akan ia kunjungi memang sudah terlihat. Hal itu tampak saat para Uskup Indonesia berkunjung ke Vatikan, Juni 2019.

Dan beberapa peristiwa yang terjadi kemudian, seperti disarikan dari news.detik.com (20/1/2020), ikut memberi sinyal yang kuat bahwa Paus Fransiskus mulai memikirkan untuk mengadakan perjalanan apostolik ke Indonesia.

Berikut adalah beberapa fakta yang dapat disinyalir sebagai tanda-tanda Paus Fransiskus bakal mengunjungi Indonesia dalam waktu dekat.

# Atlas Indonesia di ruang kerja Paus

Kardinal Suharyo menceritakan, waktu para uskup berkunjung ke Roma, seorang Uskup Indonesia bertanya kepada Paus kapan ia mau ke Indonesia.

BACA: Rencananya, Paus Fransiskus Akan Datang Ke Indonesia Tahun Ini

Pada kesempatan itu, para uskup Indonesia melihat bahwa di ruang kerja Paus Fransiskus ada atlas tentang Indonesia. Sembari melihat dan menunjuk pulau-pulau yang ada di atlas, Paus bertanya, “Itu apa?”. Uskup-uskup Indonesia menjawab, “Indonesia”. Paus kemudian menunjuk beberapa pulau lagi, dan dia mendapatkan jawaban yang sama, “Indonesia”.

“Rupanya Paus mulai sadar, Indonesia ini besar sekali,” kata Kardinal Suharyo.

# Jangan pensiun sebelum saya ke Borneo

Uskup Keuskupan Sanggau, Mgr Giulio Mencuccini CP pun menjelaskan kepada Bapa Suci bahwa ia adalah orang Italia yang menjadi Uskup di Indonesia. Provinsi dimana keuskupannya berada, Kalimantan Barat, sebagian besar masyarakatnya beragama Katolik.

Keesokan harinya, kata Kardinal Suharyo, saat para uskup Indonesia pamitan, Paus Fransiskus bilang ke Mgr Mencuccini, “Kamu jangan pensiun dulu ya sampai saya datang ke Borneo”.

Rupanya Sri Paus masih ingat betul penjelasan Mgr Mencuccini dan para uskup tentang Indonesia.

# Paus mengunjungi Indonesian Corner

Paus Fransiskus Kunjungi Indoensian Corner
Foto: kemlu.go.id

Beberapa waktu lalu, pimpinan tertinggi Gereja Katolik sedunia itu juga mengunjungi Indonesian Corner yang ada di Museum Vatikan. Website Kementerian Luar Negeri RI merilis, kunjungan itu berlangsung pada Jumat, 18 Oktober 2019.

Pada kesempatan itu, Paus Fransiskus mengunjungi area Taman Borobudur yang berada di Museum Etnologi Vatikan. Kunjungan Paus tersebut dalam rangka peresmian “Anima Mundi” di Museum Etnologi Vatikan dan Pameran Amazonia di Museum Vatikan.

BACA: Ini Pesan Utama Paus Kepada Para Kardinal Baru, Termasuk Kardinal Ignatius Suharyo

Menurut Kardinal Suharyo, keberadaan Indonesian Corner di Vatikan itu merupakan sebuah hal yang sangat spesial. Tidak semua negara bisa memiliki corner di Museum Vatikan.

# Mengangkat Mgr Suharyo menjadi Kardinal

Tanda lain yang tak kalah penting juga adalah Paus Fransiskus mengangkat Uskup Agung Jakarta Mgr Ingatius Suharyo Hardjoatmodjo menjadi Kardinal. Pelantikan menjadi Kardinal berlangsung di Vatikan pada 5 Oktober 2019.

# Undangan dari Gereja dan Negara

Kardinal Suharyo menegaskan, peristiwa-peristiwa di atas dapat dibaca sebagai tanda bahwa Paus Fransiskus akan datang ke Indonesia dalam waktu dekat.

Supaya kunjungan ini terwujud, menurut Kardinal Suharyo, ada dua hal yang harus kita lakukan. Pertama, Konferensi Waligereja Indonesia yang harus mengundang Paus. Kedua, karena Paus juga adalah Kepala Negara Vatikan, maka Pemerintah Indonesia pun harus turut mengundang.

“Saya yakin, dengan tanda-tanda ini waktunya tidak akan lama lagi,” tutup Kardinal Suharyo.

Sumber: detik.com dan kemlu.go.id

Artikel Terkait:

Doa yang Indah Kepada St. Yohanes Paulus II. Praktikan dalam Hidupmu

Steve Elu

Selain St Kayetanus, Kamu Bisa Berdoa Kepada Santo Ini Saat Mencari Pekerjaan

Tiwie Pert

Romo Heuken SJ Meninggal Dunia, Ini Jadwal Misa Requiem dan Pemakaman

Admin

1 comment

Puji Tuhan! Jokowi Akhirnya Undang Paus Fransiskus ke Indonesia January 26, 2020 at 8:42 pm

[…] Baca Juga : Ini Tanggapan Kardinal Suharyo tentang Rencana Paus Fransiskus Datang Ke Indonesia […]

Reply

Leave a Comment