Katolikpedia.id

7 Tempat Ziarah Rohani Katolik Terkenal di Jawa Barat

Tempat Ziarah Rohani Katolik Jawa Barat

Katolikpedia.id – Ada sejumlah tempat ziarah rohani Katolik di Jawa Barat yang bisa dikunjungi umat. Tempat wisata rohani Katolik di Jawa Barat ini bisa menjadi pilihan tempat ziarah yang murah dan terjangkau.

Dimana saja destinasi wisata rohani Katolik di Jawa Barat? Mari kita simak.

1.Gua Maria Karmel Lembang

Gua Maria Karmel Lembang merupakan salah satu tempat ziarah rohani Katolik terkenal di Jawa Barat. Bagi umat Katolik di Bandung dan sekitarnya pasti sudah tak asing dengan tempat ziarah ini.

Tempat wisata rohani Katolik ini terletak di kompleks Gereja Santa Maria Lembang, Bandung. Di sana juga terdapat Biara Suster Karmel OCD.

Letaknya yang terjangkau dari pusat Kota Bandung membuat gua Maria ini banyak dikunjungi umat. Terutama pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur.

2.Gua Maria Kristus Tebar Kamulyan Subang

Gua Maria di Jawa Barat ini terletak di kompleks Gereja Katolik Kristus Sang Penabur Subang. Tempat ini nyaman untuk berdoa.

Gua Maria Kristus Tebar Kamulyan dikelilingi pepohonan yang rimbun sehingga membuat tempat ini sejuk dan asri. Suasana hening melingkupi tempat ini karena letaknya yang tak berada di jalan utama.

3.Gua Maria Sawer Rahmat Kuningan

Gua Maria ini merupakan salah satu destinasi wisata religi di Cisantana, Cigugur-Kuningan. Tempat ziarah rohani Katolik di Jawa Barat ini diresmikan pada 21 Juli 1990.

Untuk mencapai Gua Maria Sawer Rahmat, umat bisa mengggunakan kendaraan pribadi atau menumpang kendaraan umum. Di dekat kompleks gua Maria terdapat area parkir yang cukup luas untuk motor, mobil atau bus.

Bila umat Katolik menggunakan angkutan umum dari Jakarta, pilihlah bus yang melewati Kuningan, turun di Cigugur. Kemudian umat melanjutkan perjalanan dengan naik angkutan kota ke Cisantana, turun di kompleks Gua Maria Sawer Rahmat.

gua maria di jawa barat
Gua Maria Sawer Rahmat Kuningan (foto: Katolikpedia.id)

Baca Juga: Tempatkan Dirimu dalam Pelukan Bunda Maria Melalui Doa Ini

4.Gua Maria Sumber Kahuripan Sukabumi

Tempat ziarah rohani Katolik di Jawa Barat ini berada di kompleks Sekolah Mardi Yuana Sukabumi, tepatnya di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 29 Cibadak. Secara administratif gereja, gua Maria masuk dalam Paroki St Fransiskus Asisi Cibadak.

Di samping Gua Maria Sumber Kahuripan terdapat mata air yang airnya bisa langsung diminum oleh peziarah yang datang. Mata air ini bersumber dari Gunung Halimun.

5.Taman Doa Bumi Maria Sareng Para Rasul Bogor

Terletak di Jl. Desa Cijujung No. 58 Cijujung, Sukaraja-Bogor, tempat wisata rohani Katolik di Jawa Barat ini terbilang baru. Tempat ini diresmikan pada 11 Mei 2018 oleh Vikjen Keuskupan Bogor kala itu, Romo C. Tri Harsono.

Taman Doa Bumi Maria Sareng Para Rasul terletak di kompleks Gereja St Andreas Sukaraja. Tempat ini menjadi salah satu tempat ziarah favorit umat Katolik Bogor dan sekitarnya.

6.Gua Maria Lembah Karmel Cikanyere

Berada di wilayah Keuskupan Bogor, Gua Maria Lembah Karmel Cikanyere menjadi salah satu tempat ziarah terkenal di Jawa Barat. Pada hari Sabtu, Minggu, atau hari libur banyak umat mengunjungi tempat ini.

Tempat wisata rohani Katolik ini terletak di daerah Cipanas, Puncak. Lembah Karmel Cikanyere juga menjadi tempat retret yang dikelola kongregasi CSE dan Suster Puteri Karmel.

7.Gua Maria Bukit Kanada Rangkasbitung

Gua Maria Bukit Kanada Rangkasbitung termasuk tempat ziarah rohani favorit umat Katolik di Jabodetabek. Tempatnya yang mudah dijangkau dan biaya murah untuk mencapai tempat ini membuat Gua Maria Rangkasbitung banyak dikunjungi umat.

Dari Jakarta dan sekitarnya, umat bisa menggunakan kendaraan pribadi atau naik KRL tujuan Tanah Abang-Rangkasbitung. Dari Stasiun Rangkasbitung, umat melanjutkan perjalanan dengan naik angkot ke gua Maria.

Itulah 7 tempat wisata religi Katolik di Jawa Barat yang bisa kamu kunjungi.

Sumber: www.guamaria.com dan berbagai sumber

NB: Ikuti update berita Katolik lainnya tentang tempat ziarah Katolik di channel Katolik Pedia yuk!

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

6 Kutipan Inspiratif tentang Kekuatan Berdoa Rosario

Edeltrudizh

Paus Fransiskus : Jangan Keras Kepala seperti Petrus. Belajarlah Memaafkan!

Edeltrudizh

Satu Imam dan Empat Diakon di Keuskupan Jayapura Akan Ditahbiskan Hari Minggu. Mari Kita Doakan!

Steve Elu

4 comments

Roh Kudus adalah Jaminan Kita untuk Tinggal di dalam Allah dan Tidak Korupsi | Katolikpedia.id January 8, 2020 at 12:58 am

[…] 7 Tempat Ziarah Rohani Katolik Terkenal di Jawa Barat […]

Reply
Ini 5 Patung Bunda Maria Tertinggi di Indonesia. No.1 Tertinggi di Dunia! May 1, 2020 at 7:43 pm

[…] Baca Juga: 7 Tempat Ziarah Rohani Katolik Terkenal di Jawa Barat […]

Reply
Gua Maria Bitauni, Tempat Ziarah Favorit di Keuskupan Atambua May 1, 2020 at 8:02 pm

[…] Baca Juga : 7 Tempat Ziarah Rohani Katolik Terkenal Di Jawa Barat […]

Reply
Ini 5 Patung Bunda Maria Tertinggi di Indonesia. Kamu harus Tahu! | Katolikpedia.id May 6, 2020 at 11:32 am

[…] Baca Juga: 7 Tempat Ziarah Rohani Katolik Terkenal di Jawa Barat […]

Reply

Leave a Comment