Katolikpedia.id

Keren! Ini Sejumlah Tradisi Unik pada Hari Raya Perawan Maria Diangkat ke Surga

hari-raya-st-perawan-maria-diangkat-ke-surga

Katolikpedia.id – Setiap 15 Agustus, Gereja merayakan hari raya St. Perawan Maria Diangkat ke Surga (Maria Assumpta). Sayangnya, tahun ini kita hanya bisa merayakannya dari rumah, karena kendala pandemi yang masih meluas di negeri ini.

Di beberapa negara di luar negeri, umat Katolik tak hanya mengikuti Misa. Biasanya ada sejumlah tradisi unik yang turut dirayakan untuk memeriahkan momen penting ini.

Berikut ini ada sejumlah tradisi unik pada hari raya St. Perawan Maria Diangkat ke Surga yang terjadi di beberapa negara, di luar Indonesia.

Baca Juga: Simak Baik-baik, Peristiwa Inilah yang Jadi Alasan Bunda Maria Dijuluki Bunda Penolong Abadi

#Tradisi Unik di Polandia

Di negara asal St. Paus Yohanes Paulus II ini, hari besar ini biasanya dikenal juga dengan istilah “The Lady of Flowers”.

Umat Katolik di Polandia merayakan momen ini dengan cara yang unik, yakni berdandan dengan bunga yang cantik.

Mereka mendekorasi roti dan bir menggunakan bunga. Ada juga yang membawa buket bunga untuk diletakan di kaki patung Bunda Maria di Gereja.

perayaan-st-perawan-maria-diangkat-ke-surga
(Foto: researchgate.net)

Di samping itu, anak-anak juga menyanyikan himne dalam bahasa Polandia dan Inggris di gereja, sambil diringi tarian tradisional Polandia dari orang tua mereka.

Nah, tradisi orang Polandia ini bisa loh diprkatekkan di rumahmu. Caranya, kamu bisa membeli buket bunga atau mendekorasi bunga dari pekarangan rumah kamu, dan meletakannya di bawah kaki patung Bunda Maria atau ruang doa kamu.

# Tradisi Unik di Italia

Di Italia, perarakan patung Bunda Maria dilakukan di sepanjang jalan. Umat setempat mengikuti prosesi ini hingga berakhir di Gereja.

perayaan-st-perawan-maria-diangkat-ke-surga-di-italia
(Foto: www.askideas.com)

Sedangkan di Siena, salah satu kota di Italia merayakan hari raya ini dengan melakukan lomba pacuan kuda di alun-alun kota.

Para peserta menggunakan kostum unik abad pertengahan. Kota Siena juga dihiasi dengan berbagai dekorasi, sehingga momen ini tak saja dirayakan di Gereja tapi sudah menjadi tradisi yang berlangsung setiap tahun di kota tersebut.

# Tradisi Unik di Portugal

Tradisi unik lainnya juga diadakan di negara Portugal pada hari raya yang jatuh pada 15 Agustus ini. Biasanya, umat memahkotai patung Bunda Maria dengan beragam bunga.

perayaan-st-perawan-maria-diangkat-ke-surga-di-potugal
(Foto: portugal-visa-co.uk)

Tradisi unik ini juga berlangsung saat bulan Maria yang biasa kita rayakan pada bulan Mei setiap tahun.

Dekorasi serupa juga bisa loh kamu praktekan di rumahmu. Berkreasilah sebisamu lalu mahkotai patung Bunda Maria yang ada di ruang doa kamu. Simple, tapi menarik.

Baca Juga: Mengapa Umat Katolik Percaya St Perawan Maria Dikandung Tanpa Dosa?

# Tradisi Unik di Armenia

Jika di Portugal, ada tradisi memahkotai patung Bunda maria, maka di Armania justru dirayakan dengan cara mempersembahkan hasil panen di Gereja.

Pada hari Minggu yang berdekatan dengan tanggal 15 Agustus, dirayakan secara khusus untuk pemberkatan hasil panen anggur.

perayaan-st-perawan-maria-diangkat-ke-surga-di-armenia
(Foto: westernprelacy.org)

Buah anggur yang dipanen umat dari ladang, ditata sebagus mungkin lalu dibawa ke Gereja untuk diberkati Imam.

Jadi, hasil panen tersebut tidak akan dinikmati umat, sebelum ada pemberkatan khusus di Gereja. Bagi orang Armenia, ini merupakan bentuk ungkapan syukur secara khusus kepada Tuhan atas hasil panen yang mereka peroleh.

# Tradisi Unik di Perancis

Di beberapa kota di Prancis, ada kebiasaan melamar kekasih pada tanggal 15 Agustus. Orang-orang muda di sana percaya, bahwa melamar kekasih pada hari raya St. Perawan Maria Diangkat ke Surga berarti secara khusus meminta restu dari Bunda Maria, untuk melindungi masa depan dan hubungan mereka.

Prosesi perarakan patung Bunda Maria di sepanjang jalan pun berlaku di negara ini. Selepas prosesi ini, kaum muda mengadakan pesta sederhana lalu menari bersama di bawah cahaya api unggun.

Nah, bagi cowok-cowok Katolik, kamu juga bisa menerapkan tradisi unik ini. Tanggal 15 Agustus bisa loh jadi momen terbaik kamu untuk melamar si dia. Romantis kan?

Sumber: Aleteia.org

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Ini 5 Patung Yesus di Sulawesi. Salah Satunya Tertinggi di Seantero Dunia

Admin

List Nama Baptis Katolik Bulan September

Edeltrudizh

Mahfud MD Bertemu Mgr Sunarko Bahas Nasib Gereja Katolik Karimun

Admin

Leave a Comment