Katolikpedia.id

Fakta Umat Katolik Inggris Percaya Bunda Maria dapat Melindungi Mereka dari Covid-19

Basilika Santa Maria Walsingham

Katolikpedia.id – Di tengah ancaman virus corona, umat Katolik Inggris ramai-ramai mempersembahkan negaranya kepada lindungan Bunda Maria. Peristiwa iman itu terjadi pada Minggu, 29 Maret 2020.

Menukil Catholik News Agency (1 April 2020), momen menyerahkan kembali Inggris kepada Bunda Maria itu diikuti lebih dari setengah juta orang melalui live streaming.

Dalam rededikasi yang ditandai dengan doa tersebut, umat Katolik Inggris menyerahkan kembali diri dan negara mereka ke dalam lindungan Bunda Maria di tengah ancaman virus corona yang melanda ratusan negara di dunia, termasuk Inggris.

Sebelumnya, uskup-uskup Inggris mengundang semua umat Katolik untuk hadir di gereja-gereja dan Katedral pada Minggu siang, untuk mengikuti momen khidmad dan bersejarah itu.

BACA: Serahkan Anak-anakmu Kepada Bunda Maria Melalui Doa Ini

Namun, karena pemerintah Inggris sudah memberlakukan lockdown akibat covid-19, akhirnya momen doa bersama itu disiarkan secara onlie dan umat mengikutinya dari rumah masing-masing.

Doa Penyerahan kembali Inggris kepada Bunda Maria tersebut disiarkan langsung dari Basilika Santa Maria Walsingham, Norfolk, Inggris. Basilika ini merupakan kapel St Catherina dari Alexandria yang dibangun pada 1340.

Hingga kini, Basilika Santa Maria Walsingham menjadi salah satu tempat ziarah rohani yang ramai dikunjungi umat Katolik dan orang-orang dari berbagai belahan dunia.

Dalam doa bersama itu, umat Katolik mengucapkan Doa Penyerahan Inggris kepada Bunda Maria. Doa tersebut menegaskan kembali status Inggris sebagai “Dowry of Mary”, gelar yang berasal dari abad ke-14.

Dalam homili, Pimpinan Basilika Santa Maria Walsingham, Msgr John Armitage mengatakan: “Ketika para uskup memutuskan tiga tahun yang lalu untuk melakukan rededikasi ini, mereka tidak pernah meramalkan sejauh mana kebutuhan kita saat ini. Hari ini, kita melakukan rededikasi ini di ‘hadapan badai’.”

Kita sudah lama merenungkan dan menghargai kata-kata Paus Leo XIII (1810 -1903) kepada generasi para uskup sebelumnya:

“Ketika Inggris kembali ke Walsingham, Bunda Maria akan kembali ke Inggris. Pada saat kita membutuhkan Bunda Maria telah kembali ke Inggris.”

Uskup Agung Westminster sekaligus Presiden Konferensi Uskup Inggris dan Wales, Kardinal Vincent Nichols juga ambil bagian dalam doa berama itu dari kediamannya. Itu tampak dari sebuah unggahan di akun twitter miliknya.

Bersama unggahan tersebut, Kardinal Vincent menulis, “Hari ini adalah hari kita mendedikasikan kembali diri kita kepada Bunda Perawan Maria. Tindakan pengabdian ini meminta kita untuk menghadiahkan diri kita kepadanya. Kita meminta perlindungannya, semoga mantel cintanya menutupi kita dan bangsa kita.”

Doa persembahan kembali Inggris ini merupakan salah satu tanggapan untuk apa yang Paus Fransiskus pada Jumat, 27 Maret 2020. Pada petang hari itu, Paus mengajak umat Katolik di seluruh dunia untuk bersamanya berdoa dan adorasi di tengah ancaman wabah covid-19, lalu Bapa Suci menutupnya dengan Urbi Et Orbi (berkat untuk Roma dan Seluruh Dunia).

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Mahasiswa Katolik Lampung Gelar Temu BIA-BIR dan Cek Kesehatan Gratis

Fr Andreas Anggit W.

Mari Kita Doakan Romo Gregorius Utomo yang Meninggal Dunia di Usia 91 Tahun

Admin

Mengapa Kita Umat Katolik Berdoa Melalui Perantaraan Orang yang Sudah Meninggal?

Admin

Leave a Comment