Katolikpedia.id

Sedih! Usai Jadi Relawan Uji Coba Vaksin COVID-19, Imam Ini Meninggal Dunia

Pastor-John-Fields

Katolikpedia.id – Pastor John M. Fields berpartisipasi dalam uji coba vaksin COVID-19 Moderna di Pennsylvania.

Menurut Catholic News Service (23/11/2020), dikatakan bahwa ketika mendapat email dari Universitas Pennsylvania, tentang tawaran untuk berpartisipasi sebagai relawan dalam uji coba vaksin covid-19, Pastor Fields langsung menerima tawaran itu tanpa ragu.

“Saya tidak ragu-ragu. Ini akan menjadi kesempatan besar untuk melawan virus, yang tiba-tiba muncul dan mendatangkan malapetaka di seluruh dunia, membawa kematian dan mengganggu setiap aspek kehidupan kita” kata Pastor Fields.

MOHON DUKUNGAN:

Pastor Fields adalah sukarelawan pertama yang menerima tawaran dari Universitas Pennsylvania. Bersama hampir 30.000 relawan lainnya, mereka mempertaruhkan nyawa untuk virus mematikan ini.

Tapi, Pastor Fields menganggap tindakannya ini adalah sebuah anugerah dari Tuhan. Ia bersyukur kepada Tuhan karena boleh ikut ambil bagian dalam kesempatan ini.

“Secara kolektif kita dapat membantu mengalahkan virus mematikan ini dan mencegah jutaan kematian di seluruh dunia. Untuk itu, saya berterima kasih kepada Tuhan, atas kesempatan ini,” ungkapnya.

Baca Juga: Tega! Pria ini Memukul & Merampok Uskup Ini Saat Misa

Pada 31 Agustus 2020, Pastor Fields menerima sutikan pertama vaksin COVID-19. Ia menjelaskan, bahwa pada minggu pertama setelah suntikan, ia harus rutin membuat laporan harian tentang suhu badan dan gejala apa pun yang dialaminya, seperti kelelahan, mual, nyeri pada bekas suntikan, lengan bengkak, demam, atau sakit kepala dan sebagainya.

Menurut Imam kelahiran Pennsylvania ini, kontribusinya mungkin tidak seberapa. Hanya bagian dari sebuah pekerjaan kecil, tapi besar harapannya bantuan itu bisa memberi dampak positif.

“Saya rasa ini solusi yang menguntungkan. Mungkin ini hanya tindakan sederhana untuk membantu pengembangan vaksin yang efektif. Tapi, semoga cara kecil ini membantu menghentikan ketakutan, penderitaan dan kematian jutaan orang akibat pandemi COVID-19”

Rupanya, uji coba fase pertama membuahkan hasil. Semua gejala buruk tidak dialaminya. Karena itu, pada 1 Oktober 2020, Pastor Fields menerima suntikan kedua. Dan, semuanya berjalan normal. Tidak ada tanda-tanda yang mencurigakan.

Pastor yang lahir pada 1950 itu tahu betul bahwa pilihannya sangat beresiko dan mengancam nyawanya. Tapi, ketakutan dalam diri itu dikesampingkan demi nyawa banyak orang.

“Semoga ini bisa mengakhiri dan membantu memulihkan masyarakat sekali lagi untuk kembali ke hidup normal,” ungkapnya kepada Catholic News Service.

Pada 26 Oktober, Pastor John Fields menjalani evaluasi lanjutan. Rencananya, ia akan terus dievaluasi selama 25 bulan.

Sayang, setelah fase ketiga yang merupakan tahap terakhir dari uji coba itu, Imam Katolik itu meninggal dunia. Ia dinyatakan tutup usia pada 27 November 2020 di usianya yang ke-70 tahun.

Imam dari Archeparki Katolik Ukraina Philadelphia itu diketahui meninggal dunia akibat serangan jantung.

Kepergian Pastor Fields membawa luka yang mendalam. Rekan-rekannya, bahkan Uskup Agung setempat merasa tak percaya dengan berita duka ini. Pasalnya, selama ini Pastor Fields terlihat sehat, dan tak ada gejala penyakit yang mematikan.

Baca Juga: Kardinal Vela Yang Murah Hati itu Tutup Usia. Mohon Doa dari Umat

Uskup Agung Philadelphia, Mgr Borys Gudziak mengenang Pastor John M. Fields sebagai sosok Imam yang sangat peduli dengan umatnya.

“Tidak ada yang paling dia sukai, selain berbagi cerita tentang umatnya, suasana parokinya, dan tentang misi-misinya. Dia tetap berharap tentang masa depan, tentang Gereja, negara, dan kemampuannya sendiri untuk memberikan kontribusi,” Ujar Mgr Gudziak.

Jenazah Pastor John M. Fields dimakamkan pada 4 Desember 2020 lalu. Selamat jalan Pastor John Fields, terima kasih sudah menjadi pahlawan bagi kami. Mari, kirimkan doamu sebagai pengiring perjalanan pulang Pastor Fields ke rumah Bapa di surga.

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Impian- Impian dalam Querida Amazonia, Eksortasi Apostolik Kelima Paus Fransiskus

Pastor Doddy Sasi CMF

Memasuki Masa Adven, Youcat Indonesia Ajak OMK: “1 Hati 1 Rasa Bersama Kristus”

Admin

Perempuan Ini Menyerang Romo Marcelo Rossi Sampai Jatuh dari Panggung [Ada Videonya]

Steve Elu

Leave a Comment