Katolikpedia.id

Seorang Uskup dan Romo di Cina Diduga Terinfeksi Virus Corona. Mari Kita Doakan

Uskup di Cina Terinfeksi Virus Korona

Katolikpedia.id – Seorang Uskup dan Romo di Cina diduga terinfeksi virus corona. Uskup tersebut adalah Mgr Joseph Zhu Baoyu dari Nanyang (99 tahun) dan Romo Ma Yuxing (62 tahun).

Uskup Emeritus Keuskupan Nanyang menderita demam sejak 2 Februari 2020. Meski belum terkonfirmasi betul apakah ia positif terinfeksi virus korona, namun sekarang uskup kelahiran 2 Juli 1921 itu dirawat di ruang isolasi dan karantina di Rumah Sakit Umum Kedua Nanyang.

Seorang umat Katolik dari Keuskupan Nayang, yang tidak mau disebutkan namanya, mengatakan kepada UCA News pada 3 Februari 2020 bahwa diduga infeksi pertama dialami oleh Romo Ma.

Pada 11 Januari 2020 lalu, Romo Ma pergi ke Wuhan dan kembali ke Nanyang keesokan harinya. Dua minggu setelahnya, 24 Januari 2020, ia didiagnosa terinfeksi virus korona dan sekarang diisolasi di Rumah Sakit Pusat Nanyang.

BACA: Paus Fransiskus : Cinta Allah itu Tulus, Tak Bersyarat dan Tanpa Negosiasi

Sementara Mgr Joseph Zhu Baoyu disinyalir terjangkit virus korona dari asisten pribadinya, yang dikonfirmasi juga terinfeksi virus itu setelah ia melakukan kontak dengan Romo Ma.

Asisten pribadi Mgr Joseph Zhu Baoyu tersebut menunjukan gejala terpapar virus korona pada 23 Januari 2020 dan infeksi itu dikonfirmasi pada 29 Januari 2020. Sekarang dia dirawat secara terpisah di Rumah Sakit Pusat Nanyang.

Gereja Katolik Cina waspada

Uskup Keuskupan Agung Beijing [Peking] Mgr Joseph Li Shan sudah menginstruksikan kepada para romo dan suster untuk mengingatkan umat Katolik di Cina agar waspada terhadap epidemi virus ini.

Ia mengimbau para imam, biarawati dan biarawan yang kembali ke Beijing dari tugas di luar kota agar mengikuti isolasi diri selama 14 hari. Para pelayan pastoral tersebut juga diminta untuk menghindari angkutan umum ketika bertugas.

Hingga sekarang, setidaknya 10 kota Cina telah diisolasi, di antaranya adalah Wuhan, Ezhou, Huanggang dan beberapa kota lain. Di kota-kota ini sudah diumumkan pembatasan perjalanan.

Pada 30 Januari lalu, Organisasi Kesehatan Dunia mengumumkan wabah corona virus Wuhan sebagai darurat kesehatan global.

Kiriman masker dari Vatikan

Masker Virus Korona di Cina
Foto: UCA News

Paus Fransiskus tak tinggal diam saat mendengar isu tentang wabah virus korona di Cina. Dalam doa Angelus di Lapangan Basilika St Petrus Minggu 26 Januari 2020, Bapa Suci mengungkapkan keprihatinannya yang sangat mendalam untuk warga Tiongkok.

“Saya ingin dekat dan berdoa untuk orang-orang yang sakit karena virus yang telah menyebar ke seluruh Tiongkok. Semoga Tuhan menyambut orang yang meninggal ke dalam kedamaian-Nya, menghibur keluarga yang ditinggalkan atau sedang menderita, dan menguatkan komitmen besar dari komunitas Tiongkok yang telah berusaha untuk memerangi epidemik ini,” kata Paus Fransiskus.

Sehari setelah itu, almoner Kepausan, Kardinal Konrad Krajewski menghubungi Direktur Farmasi Vatikan, Romo Thomas Binish untuk segera menyiapkan masker untuk dikirim ke Cina. Romo Vincenzo Han Duo, Wakil Rektor Universitas Kepausan Urbanianum Roma didaulat sebagai Koordinator pengadaan dan pengiriman masker ke Cina.

Pada hari pertama ketika Vatikan membuka donasi masker untuk warga Cina, banyak umat Katolik di Roma dan sekitarnya terlibat langsung memberi sumbangan. Hanya dalam sehari sudah terkumpul sekitar 100.000 masker.

Sejauh ini, Vatikan sudah mengirim sekitar 700.000 masker medis ke Cina, tempat virus korona menyebar cepat dan sudah menewaskan lebih dari 400 orang dan menginfeksi ribuan orang.

Angka terbaru menunjukkan bahwa 20.626 kasus virus Korona baru telah diidentifikasi. Sejauh ini, ada 426 kematian, sejak virus pertama kali dilaporkan pada 12 Desember 2019 di Provinsi Wuhan, Cina Tengah.

Sumber: UCN News dan americamagazine.org

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Kakak Kandung Paus Emeritus Benediktus XVI, Monsinyur Georg Ratzinger, Meninggal Dunia

Edeltrudizh

Paus Fransiskus: Ini Paskah yang Sunyi! Tapi Tuhan Tak Meninggalkan Kita

Edeltrudizh

Akhirnya Arsip Apostolik Vatikan Dibuka untuk Diteliti. Ini Terkait Perang Dunia II

Tiwie Pert

Leave a Comment