Katolikpedia.id

Mendiang Mgr John di Mata Sekretaris Jenderal KWI

mgr john philip saklil wafat

Katolikpedia.id – Duka menyelimuti Gereja Katolik Timika dan Gereja Katolik Indonesia. Uskup Keuskupan Timika Mgr John Philip Saklil wafat pada Sabtu, 3 Agustus 2019 di Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Caritas Timika, Papua.

Misa penghormatan kepada jenazah Mgr John Saklil dilakukan di Gereja Katedral Tiga Raja Timika sejak Minggu-Selasa, 4-6 Agustus 2019.

Sekretaris Jenderal KWI dan Uskup Keuskupan Bandung Mgr Antonius Subianto Bunjamin OSC yang memimpin misa penghormatan untuk Mgr John Saklil pada Kamis, 5 Agustus 2019 punya kesan tersendiri terhadap sosok Mgr John Saklil.

mgr john philip saklil dalam kenangan
(Foto: kawali.org)
Jeritan kesedihan dan cucuran airmata mengiringi prosesi jenazah Mgr John Saklil yang memasuki Katedral. Peristiwa itu menunjukkan betapa umat mengalami duka mendalam dan kehilangan mendadak uskupnya. Mereka sangat mencintai gembala sebagaimana ia juga mencintai umatnya.
Mgr John dikenal sebagai gembala yang mempunyai hati untuk umat dan masyarakat. Ia menggembalakan umat dengan penuh cinta dan memberdayakan masyarakat dengan gigih. Kehidupan rohani dan iman umat akan Kristus diperdalam dan kesejahteraan materi dan ekonomi masyarakat ditingkatkan. Berbagai usaha kehidupan menggereja diperhatikan melalui pelayanan pastoral dan sakramental. Bermacam usaha peningkatan ekonomi diupayakan melalui pengembangan sosial ekonomi, seperti koperasi dan wirausaha.
Karena hatinya pada umat dan masyarakat Papua, budi, energi, dan materi yang dimilikinya pun dicurahkan untuk kesejahteraan domba-domba yang dipercayakan kepadanya.
Di kalangan para uskup, Mgr John dikenal tegas dalam prinsip tapi lugas dalam berpastoral karena hatinya digerakkan oleh belaskasih. Ia gigih membela kebenaran hingga berani memberi catatan kritis kepada siapapun tetapi tak memojokkannya. Ia menegur yang salah, tanpa harus menyakitinya. Dan ia memberi ide dan terobosan kreatif dengan serius tapi santai. Indonesia Youth Day digagasnya saat menjadi Ketua Komisi Kepemudaan KWI dan usaha kreatif umat dikembangkan ketika menjadi Ketua Komisi PSE KWI. Humor dan kisah lucu menjadi bagian dirinya. Senyum dan tawa mewarnai hidupnya yang penuh sukacita.
Mgr John menghidupi ketaatan yang luar biasa sebagai ungkapan iman pada Allah dan komitmen pada Gereja. Tugas dari Sri Paus pun diterima dengan sukacita dan sukarela walau berat saat beliau diberi tugas tambahan menjadi Administrator Apostolik Keuskupan Agung Merauke. ‘Saya taat’, katanya, sambil tersenyum.
Uskup yang dikenal sebagai teladan iman dan pejuang kemanusian itu kini telah pergi menghadap Bapa di surga. Terima kasih atas jasa dan cinta Mgr John atas Gereja, Indonesia, teristimewa umat di Keuskupan Timika. Selamat jalan. Tuhan memberkati!

Misa Requiem untuk Mgr John Philip Saklil akan dipimpin oleh Ketua KWI Mgr Ignatius Suharyo pada Rabu, 7 Agustus 2019 pukul 12.00 WIT di Gereja Katedral Tiga Raja Timika. Kemudian dilanjutkan dengan pemakaman Mgr John Philip Saklil di tempat pemakaman para pastor di area kantor Keuskupan Timika.

Mgr Saklil adalah sosok yang sangat dekat dengan umat Keuskupan Timika. Silakan tonton video kenangannya saat bergoyang bersama umatnya, di sini :

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Jatuh Tersungkur Saat Misa, Pastor ini Meninggal Dunia

Edeltrudizh

Paus Fransiskus : Cinta Allah itu Tulus, Tak Bersyarat dan Tanpa Negosiasi

Edeltrudizh

Kakak-Adik Ditahbiskan Bersamaan, Reaksi Orangtua Mereka Mengejutkan

Steve Elu

Leave a Comment