Katolikpedia.id

Gua Maria Bitauni, Tempat Ziarah Favorit di Keuskupan Atambua

Gua Maria Bitauni Kefamenanu

Katolikpedia.id – Gua Santa Maria Siti Bitauni atau yang lebih dikenal umat Katolik setempat dengan nama Gua Maria Bitauni ini berada di area Keuskupan Atambua. Keuskupan yang berada di Nusa Tenggara Timur ini dipimpin oleh Uskup Dominikus Saku, Pr.

Secara umum, Keuskupan Atambua meliputi dua kota yaitu kota Kefamenanu dan Atambua. Gua tersebut merupakan tempat ziarah atau wisata religi yang paling populer di kalangan umat Katolik di Kefamenanu dan Atambua.

Lalu, apa saja keunikan atau kelebihan yang dimiliki Gua Maria tersebut? Yuk, mari kita simak!

Gua Maria Bitauni memang sedikit berbeda dari sejumlah Gua Maria yang sering kita jumpai selama ini. Gua tersebut terbentuk secara alami dari bongkahan batu besar yang membentuk bukit.

Gua Maria Bitauni
(Foto : Lusty Sae)

Di antara bongkahan batu tersebut terdapat beberapa celah dan lubang yang memang terbentuk secara alami. Nah, dalam gua batu inilah terdapat patung Yesus, Bunda Maria, Salib dan disertai dengan tempat untuk meletakan lilin. Sebelum mencapai bagian dalam gua, para peziarah harus menapaki sekitar 50 anak tangga.

Pada bagian pelataran gua tersedia deretan bangku yang memang disediakan khusus bagi para pengunjung untuk melepas penat sebentar sebelum atau seusai berziarah.

Di sekitar Gua Maria ini juga dikelilingi pepohonan yang rindang. Biasanya di musim kemarau, salah satu kekhasan yang bakal dijumpai saat berkunjung ke sini adalah daunan kering yang berserakan di area luar gua yang semakin menambah kekhasan alami dari tempat wisata rohani ini.

gua Maria Bitauni
(Foto : Stefana G. Tanesib)

Karena faktor inilah, beberapa pengunjung kerap beranggapan tempat wisata tersebut mirip dengan tempat-tempat wisata di Eropa.

Selain berziarah, hal apa saja yang bisa dilakukan di sini?

Banyak hal yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke sini. Selain untuk berziarah, biasanya para umat juga mengadakan doa bersama atau melakukan novena khusus.

Tak hanya itu, di gua tersebut juga sering diadakan misa bersama saat Gereja merayakan momen-momen penting seperti; Misa penutupan Bulan Maria dan Rosario, Misa Inkulturasi Bulan Liturgi Nasional, dll.

Baca Juga: Tempatkan Dirimu dalam Pelukan Bunda Maria Melalui Doa Ini

Misa Inkulturasi Bulan Liturgi Nasional
(Foto : youtube.com/little flower)

Oh ya, di Gua St. Maria Bitauni ini juga terdapat stasi-stasi Jalan Salib. Biasanya saat Jumat Agung, banyak umat Katolik yang turut mengikuti Jalan Salib di sini.

Stasi jalan salib
Stasi jalan salib (Foto : Moch Ridwan)

Selain kegiatan-kegiatan yang sudah dijabarkan diatas, Gua St. Maria Bitauni ini juga menjadi tempat berdoa favorit bagi para pelajar, mahasiswa atau mereka yang bergabung dalam organisasi THS-THM dan OMK.

Pertanyaan berikutnya, seberapa nyamankah umat ketika berdoa di sini?

Ketika kita mengunjungi Gua Maria ini suasananya sangat nyaman dan alami. Ketika sudah berada dalam gua, suasana hening dan sepi menjadi ciri khas dari tempat ini, sehingga umat yang berkunjung pun dengan leluasa berdoa penuh khidmat.

Letak Gua Maria Bitauni

Gua Bitauni terletak di jalan utama Trans Timor yang menghubungkan kota Kefamenanu dan Atambua. Letak persisnya di desa Bitauni, kecamatan Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara (NTT).

Gua Maria Bitauni memang terletak di area Keuskupan Atambua, namun secara umum wisata religi ini sudah dikenal luas oleh umat Katolik di pulau Timor. Sehingga, umat yang berada di luar Keuskupan Atambua seperti Keuskupan Agung Kupang, juga sering berziarah ke gua tersebut.

Akses transportasi ke Gua Maria Bitauni

Lokasi wisata rohani ini tidaklah sulit untuk diakses karena bisa dijangkau dengan transportasi umum. Jika titik keberangkatan dari Kefamenanu, kita bisa menggunakan transportasi umum yang hendak ke Atambua. Kemudian kita hanya perlu menjelaskan kepada sang sopir jika kita ingin mengunjungi Gua Bitauni, maka sang sopir sudah pasti tahu.

Begitupun sebaliknya ketika berangkat dari Atambua, kita bisa menumpangi bus umum yang menuju ke Kefamenanu atau Kupang. Gua Maria Bitauni ini terletak persis di pinggir jalan umum sehingga tidak sulit untuk ditemukan.

Nah, bagi umat Katolik di luar Keuskupan Atambua dan Kupang atau di luar daerah NTT yang secara kebetulan mengunjungi kota Kefamenanu dan hendak ke kota Atambua (melalui jalur darat), kalian bisa menyempatkan diri untuk melakukan ziarah rohani ke Gua St. Maria Bitauni ini.

Baca Juga : 7 Tempat Ziarah Rohani Katolik Terkenal Di Jawa Barat

NB: Ikuti juga berita Katolik lainnya di youtube Katolikpedia ya…

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Mujizat! Suster Ini Sembuh Setelah Berziarah ke Lourdes

Edeltrudizh

Doa Katolik untuk Mendapatkan Pasangan. Cocok Buat yang Jomblo!

Tiwie Pert

Gua Maria Kaliori, Tempat Ziarah Katolik Terkenal di Purwokerto-Jawa Tengah

Tiwie Pert

2 comments

Ini 5 Patung Bunda Maria Tertinggi di Indonesia. No.1 Tertinggi di Dunia! May 1, 2020 at 7:43 pm

[…] Baca Juga: Gua Maria Bitauni, Tempat Ziarah Favorit di Keuskupan Atambua […]

Reply
Ini 5 Patung Bunda Maria Tertinggi di Indonesia. Kamu harus Tahu! | Katolikpedia.id May 6, 2020 at 11:32 am

[…] Baca Juga: Gua Maria Bitauni, Tempat Ziarah Favorit di Keuskupan Atambua […]

Reply

Leave a Comment