Katolikpedia.id
Berita

Apa itu IKDKI? Ini 4 Hal Penting yang Wajib Kamu Ketahui!

Ikatan-Dosen-Katolik-di-Indonesia

Katolikpedia.id – IKDKI merupakan singkatan dari Ikatan Dosen Katolik Indonesia. Organisasi ini hadir untuk merangkul dosen-dosen Katolik agar bisa berkolaborasi dan saling support satu sama lain. 

Lalu, apa saja yang menarik dari organisasi Katolik ini? Berikut ada 4 hal yang melekat dalam diri IKDKI!

#Berusia 5 tahun

IKDKI mulai diinisiasikan pada 23 November 2019. Dan pada tanggal 30 November 2019,Tim Formatur IKDKI mengadakan rapat dan menetapkan kepengurusan Dosen Katolik Indonesia.

Maka di 2024 ini, usia IKDKI menginjak 5 tahun. Meski usianya masih muda, IKDKI telah melewati berbagai kesulitan yang cukup panjang. Beberapa kegiatan penting yang sebelumnya sudah direncanakan harus tertunda karena pandemi covid-19.

Baru pada 1 Februari 2024, IKDKI resmi diakui sebagai lembaga perhimpunan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

#Rumah bagi Dosen Katolik

Ditemui selepas Rakernas 2024 yang diselenggarakan di Universitas Tarumanegara (UNTAR), Prof. Agustinus Purna Irawan menegaskan bahwa IKDKI merupakan wadah bagi para dosen dari generasi mana pun, termasuk dosen muda yang terkategori Gen Z.

“Ya, tentu! Kita semua dosen Katolik yang terdapat di pemerintah, secara resmi akan menjadi anggota kita, atau mereka yang tidak terdaftar tetapi berprofesi sebagai dosen, tetap akan kita rangkul bersama,” pesan Prof. Agustinus Purna Irawan.

#Merangkul Dosen Daerah

IKDKI bukan cuma wadah bagi dosen-dosen Katolik yang berada di JABODETABEK, tapi juga menjadi wadah bagi dosen-dosen yang berada di luar pulau Jawa.

“Ya, sudah ada wilayah-wilayah yang akan memperpanjang tangan. Nanti setelah wilayah akan ada cabang, baru kita akan membuat supaya organisasinya bisa menyentuh. Dan bahkan nanti akan ada perwakilan di perguruan tinggi,” jelas Ketua IKDKI, Prof. Agustinus Purna Irawan.

#100% Katolik 100% Indonesia

Prinsip 100% Katolik, 100% Indonesia yang dicetuskan oleh Mgr. Soegijapranata menjadi salah satu bagian yang tertuang dalam logo IKDKI.

100% Katolik berarti kita sebagai umat Katolik perlu ikut terlibat dan berpartisipasi aktif dalam kehidupan menggereja. Dan, 100% Indonesia berarti terlibat dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan berbangsa dan bernegara. Inilah yang menjadi profil dari dosen Katolik yang tergabung dalam IKDKI.

Berita Terkait:

Mukjizat! Anak yang Pernah Dicium Paus Fransiskus Sembuh dari Tumor Otak

Redaksi

Bangga! Gereja Katolik di Qatar juga Melayani Misa dalam Bahasa Indonesia

Steve Elu

Ini Puasa dan Pantang Katolik yang Benar! Lengkap dengan Jadwalnya

Steve Elu
error: Content is protected !!