Katolikpedia.id
Berita Paus Fransiskus

Ini Tiga Paus Yang Pernah Berkunjung ke Indonesia. Semuanya Mencetak Sejarah

Paus yang pernah berkunjung ke Indonesia

Katolikpedia.id – Umat Katolik Indonesia adalah umat yang beruntung. Hingga sekarang, sudah ada tiga Paus yang berkunjung ke Indonesia. Berikut Katolikpedia.id merangkumnya untuk kamu!

Paus Paulus VI

Paus Paulus VI adalah pemimpin tertinggi Gereja Katolik yang pertama kali menginjakkan kaki di Bumi Pertiwi. Kehadirannya saat itu disambut hangat oleh seluruh umat Katolik Indonesia di Jakarta dan sekitarnya.

Kunjungan Paus Paulus VI yang berlangsung dari tanggal 3 hingga 4 Desember 1970 itu juga disambut hangat oleh Presiden Soeharto.

Paus yang pernah berkunjung ke Indonesia
Paus Paulus VI

Paus Yohanes Paulus II

Berselang 19 tahun kemudian, umat Katolik Indonesia kembali menerima kunjungan Paus, yakni Paus Yohanes Paulus II.

Kunjungan pemimpin tertinggi Gereja Katolik yang berasal dari Polandia, itu tercatat dalam sejarah sebagai kunjungan apostolik terlama dari dua paus lainnya. Ia berkunjung dari tanggal 9 hingga 12 Oktober 1989.

Paus Yohanes Paulus II
Paus Yohanes Paulus II

Kedatangan Paus Yohanes Paulus II ke Indonesia pun tidak hanya di satu kota, namun di beberapa kota di Indonesia seperti, Jakarta, Yogyakarta, Medan, Timor Timur (Yang waktu itu masih menjadi bagian dari Indonesia dan sekarang namanya berubah menjadi Timor Leste) & Maumere.

Paus Fransiskus

Setelah Paus Yohanes Paulus II, umat Katolik kembali memasuki masa jeda yang sangat panjang. Butuh penantian selama 35 tahun lagi, barulah ada kunjungan dari paus, yakni Paus Fransiskus. Paus asal Argentina itu berkunjung dari tanggal 3 hingga 6 September 2024.

Selain bertemu Presiden Jokowi dan beberapa tokoh agama di Masjid Istiqlal, Paus Fransiskus juga berjumpa dengan umat Katolik, para uskup, para imam dan suster. Yang lebih meriah lagi, Paus Fransiskus juga memimpin Misa bersama yang diselenggarakan secara meriah dan besar-besaran di Gelora Bung Karno. Diperkirakan sekitar 86.000 umat hadir dalam Misa akbar ini.

Selain mengunjungi Indonesia, Paus Fransiskus juga akan mengunjungi Papua New Guinea, Timor Leste dan Singapura. Dan perjalanan Apostolik ke kawasan Asia Pasifik ini tercatat sebagai perjalanan terpanjang dalam 11 tahun masa kepausan Paus Fransiskus.

Dari ketiga Paus tersebut, dua di antaranya, yakni Paus Paulus VI dan Paus Yohanes Paulus II sudah menjadi santo.

Berita Terkait:

Selamat! Padro Franciscus Terpilih sebagai Ketua Pemuda Katolik Kab. Bogor Periode 2021-2024

Redaksi

Kenalan Sama Uskup Koajutor Keuskupan Agung Makassar

Redaksi

50 Tahun Institut Teologi Hidup Bakti Claretianum

Dr. Doddy Sasi CMF
error: Content is protected !!