Katolikpedia.id
Berita Ordinariat Militer Indonesia

Selamat! Dua Imam Katolik Dilantik Menjadi Perwira Polisi

Dua Imam Katolik Dilantik Menjadi Perwira Polisi

Katolikpedia.id – Gereja Katolik Indonesia patut berbangga. Dua imam dilantik menjadi perwira polisi dalam upacara pelantikan 100 perwira Polisi di Semarang, Jawa Tengah, Senin, 22 Juli 2024.

Gubernur Akademi Polisi Irjen Pol Krisno Siregar S.IK., M.H., melantik 100 Perwira Polri Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) Gelombang I T.A. 2024.

Di antara mereka ada dua imam Katolik, yakni Romo Inspektur Dua Polisi Oktavianus Pelagian, imam dioses Keuskupan Ruteng dan Romo Inspektur Dua Polisi Antonius Arfin Samosir, imam dioses Keuskupan Agung Jakarta (KAJ).

Wakil Uskup umat Katolik di lingkungan TNI dan Polri/Ordinariatus Castrensis Indonesia (OCI), Romo Kolonel (Sus) Yoseph Maria Marcelinus Bintoro, Pr, S.Fil., M.Sc., akrab disapa Romo Yos Bintoro, mengatakan, ikut dilantiknya dua romo Katolik tersebut menjadi kado istimewa bagi umat Katolik di jajaran Kepolisian RI.

BACA: Romo Lulus Tes untuk Pendidikan Jadi Polisi

“Mereka demikian merindukan kehadiran rohaniwan Katolik di Kepolisian RI. Kita berharap semoga pelayanan rohani, perawatan personel, dan penyuluhan iman, bisa menghadirkan kualitas Polri semakin profesional, modern dan berintegritas,” kata Romo Yos Bintoro.

Dua Imam Jadi Perwira Polisi
Foto: Romo Yos Bintoro

Tantangan di tubuh Polri sangat banyak, terutama dalam menjaga kualitas sumber daya manusia. Karena itu, kehadiran seorang imam sekaligus perwira Polisi di tengah Polri akan sangat membantu.

Kehadiran dua imam ini sebagai manager tingkat satu bisa menghadirkan profesionalitas lewat pendampingan bagi personel Polri agar tetap terjaga kualitas SDM-nya.

Pertama kali

Pelantikan seorang romo menjadi perwira Polisi baru pertama kali terjadi. Ini menjadi catatan sejarah baru bari Keuskupan Mileter Indonesia.

Selama ini, baru ada romo yang dilantik menjadi tentara, baik itu di angkatan laut, angkatan darat, maupun angkatan udara.

BACA JUGA: Para Romo yang Berstatus Tentara Aktif

Untuk kalangan perwira SIPSS, baru Romo Oktavianus Pelagian dan Romo Antonius Arfin Samosir. Semoga mereka bisa menjalankan tugas perutusannya di tubuh Polri dengan penuh tanggung jawab.

Sumber: Romo Yos Bintoro Pr

Berita Terkait:

Uskup Terpilih Keuskupan Labuan Bajo, Mgr Maksimus Regus

Redaksi

Bukan Main! Tanggal 13 Mei itu Punya Arti Penting bagi Umat Katolik Dunia

Steve Elu

Nama 8 Romo SCJ yang Baru Ditahbiskan dan Penugasan Mereka

Steve Elu
error: Content is protected !!