Katolikpedia.id

Paus Fransiskus Sangat Sedih Karena Katedral Diubah Jadi Masjid

Gereja Katedral Diubah Jadi Masjid

Katolikpedia.id – Paus Fransiskus tidak dapat menyembunyikan kesedihannya yang amat mendalam, setelah menerima kabar bahwa sebuah Katedral diubah jadi Masjid. Katedral tersebut adalah Katedral Bizantium Hagia Sophia.

Katedral Bizantium Hagia Sophia terletak di Istanbul,Turki. Bangunan bersejarah ini termasuk dalam salah satu warisan dunia UNESCO, yang memiliki lintasan sejarah sangat panjang.

Situs sejarah ini dibangun di Konstantinopel (sekarang Instanbul, Turki) pada abad ke-6 M (532–537) di bawah arahan Bizantium Kaisar Justinian I, sebagaimana dilansir dari britannica.com (Minggu, 12/7/2020).

Sementara sumber lain menyebutkan, pada mulanya situs ini dibangun sebagai Gereja Katedral Kristen Konstantinopel antara 532 dan 537 atas perintah kaisar Romawi Justinian I. Dan gereja dengan interior sangat megah ini dirancang oleh Yunani Isidore of Miletus dan Anthemius of Tralles.

BACA: Pesan Paus Fransiskus : Maafkanlah dan Kasihi Musuhmu

Sekarang, situs bersejarah tersebut akan beralih fungsi sebagai Masjid, setelah Presiden Turki, Recep Tayyip Erdoğan menandatangani dekrit 10 Juli, yang mengubah bangunan abad keenam ini menjadi tempat ibadah Islam.

“Laut membawa saya agak jauh dengan pikiran saya ke Istanbul. Saya memikirkan Hagia Sophia, dan saya sangat sedih,” tutur Paus Fransiskus.

Dalam siaran CNA (Minggu, 12/7/2020), disebutkan bahwa Patriark Ekumenis Bartholomew dari Konstantinopel, pemimpin spiritual Kristen Ortodoks Timur, mengatakan, status bangunan sebelumnya adalah museum.

Dengan statusnya yang demikian, bangunan ini biasanya dijadikan tempat pertemuan, dialog, solidaritas dan saling pengertian yang simbolis antara agama Kristen dan Islam.

“Selama ini Hagia Sophia tidak hanya milik mereka yang memilikinya saat ini, tetapi juga untuk semua umat manusia”.

BACA JUGA: Kakak Kandung Paus Emeritus Benediktus XVI, Monsinyur Georg Ratzinger, Meninggal Dunia

Bapa Suci Fransiskus menyampaikan curahan hatinya tersebut di pengujung doa Angelus Minggu siang kemarin.

Ini disinyalir sebagai reaksi atas kritik beberapa pemimpin Gereja Orodoks yang menilai Paus Fransiskus masih “tutup mulut” dalam menanggapi keputusan pemerintah Turki ini.

Mari kita sama-sama mendoakan agar bangunan Katedral diubah jadi Masjid ini dapat membawa manfaat bagi sebanyak mungkin orang. Dan semoga dialog dan hubungan baik antarumat beragama tetap terjalin dan terjaga dengan baik.

NB: Dukung program TravelStory Katolikpedia dengan cara SHARE video berikut:

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Gereja St. Joseph Karimun Didemo Berulang Kali, Jokowi : Negara Menjamin Kebebasan Beribadah

Admin

Tuhan Pimpinlah Langkahku Ini ke Jalan yang Benar

Edeltrudizh

Terinspirasi dari Bunda Teresa, Ibu Ini Selamatkan Ribuan Gadis Korban Human Trafficking

Edeltrudizh

1 comment

Sadis! Seseorang Merusak Patung Bunda Maria, dan Kepala Patung Hilang sampai Sekarang | Katolikpedia.id July 16, 2020 at 3:19 pm

[…] BACA: Paus Fransiskus Sangat Sedih Karena Katedral Diubah Jadi Masjid […]

Reply

Leave a Comment