Katolikpedia.id

Paus Fransiskus : Cinta Allah itu Tulus, Tak Bersyarat dan Tanpa Negosiasi

pesan-natal-paus-fransiskus

Katolikpedia.id – Momen Natal adalah momen yang paling penting bagi semua umat Katolik di manapun, karena kita merayakan kelahiran sang Juruselamat. Maka dalam momen yang bersejarah ini, seperti biasanya Paus Fransiskus selalu menyematkan pesan-pesan penting.

Sejumlah pesan ini tak hanya berlaku saat hari Natal saja, tapi berlaku sepanjang masa. Berikut adalah kumpulan pesan Natal Paus Fransiskus yang harus kamu renungkan dalam hidupmu. Bila perlu jadikan sebagai motivasi dan pegangan hidup.

#Kelahiran Yesus adalah rahmat terindah dari Allah Bapa

Dalam homilinya, Bapa Suci mengajak kita untuk memaknai kelahiran Yesus sebagai bentuk nyata cinta kasih Allah untuk manusia.

“Rahmat Tuhan membawa keselamatan bagi semua orang dan bersinar di dunia kita malam ini,” ujar Paus Fransiskus.

Paus menggambarkan rahmat Tuhan ini sebagai “cinta ilahi, cinta yang mengubah hidup, memperbaharui sejarah, membebaskan kita dari kejahatan, mengisi hati dengan kedamaian dan sukacita”.

“Cinta Allah itu nyata dalam diri Yesus. Dia membiarkan putera-Nya untuk hadir di tengah-tengah kita dengan sangat sederhana. Ini adalah bukti cinta Allah yang tidak bisa dinegosiasi”.

#Perayaan Natal adalah perayaan penuh cinta

Jadi, merayakan Natal bukan sekedar datang ke Gereja dan mengikuti misa lalu berpose, tapi ada makna lebih yang harus kita renungkan. Kata Bapa Suci, setiap merayakan Natal berarti kita merayakan cinta Tuhan yang paling istimewa

“Natal mengingatkan kita bahwa Tuhan terus mencintai kita semua, bahkan yang terburuk dari kita. Kasih Allah tidak bersyarat dan tidak tergantung pada apa yang sudah kita beri”.

Paus ingin agar kita betul-betul memahami bahwa cinta Bapa kepada umat-Nya bukan barang barter. Yang artinya, Ia akan memberikan yang baik, jika kita memberi sesuatu yang baik untuk-Nya.

“Janganlah berpikir bahwa Allah hanya akan menyayangi kita, jika kita melakukan hal baik untuk-Nya. Atau Ia akan menghukum kita jika kita melakukan dosa. Tidak…tidak, cinta Allah Bapa itu tidak berubah-ubah, karena Dia mencintai  dengan setia dan sabar ”.

“Seburuk apapun perilaku kita, di hadapan-Nya kita semua adalah makluk ciptaan yang indah. Ia mencintai diri kita apa adanya bukan ada apanya”.

Paus Fransiskus

Baca Juga : Paus Fransiskus : Hanya Tuhan yang Mencintai Kita dengan Sempurna

#Merayakan Natal berarti menerima hadiah dari Bapa

Merayakan Natal harus dengan hati yang sungguh-sungguh. Dan kita perlu bertanya pada diri sendiri, sudah siapkah kita untuk menerima kedatangan Yesus?

“Saat Natal, pertanyaannya adalah, apakah saya membiarkan diri saya dicintai oleh Allah? Apakah saya menyerahkan diri saya kepada kasih-Nya yang datang untuk menyelamatkan saya? “

Kelahiran Yesus adalah hadiah dari Allah Bapa, maka kita perlu mengucapkan terima kasih sebagai imbalan.

“Menerima kasih karunia Allah, berarti harus siap untuk mengucapkan terima kasih. Hari ini adalah hari yang tepat untuk mendekati tabernakel dan palungan, untuk mengucapkan terima kasih.”

“Mari kita menerima hadiah dari Bapa di surga yaitu kelahiran Yesus, dan kemudian mempraktekannya dalam hidup dengan cara memberikan diri kita sebagai hadiah kepada sesama. Menjadi hadiah berarti memberi makna pada kehidupan. Dan itu adalah cara terbaik untuk mengubah dunia”.

#Kasih Yesus itu Abadi

Kita tahu bahwa bukan hanya Bapa di surga yang mencintai kita, tapi juga putera-Nya. Yesus mencintai tidak hanya dengan kata-kata belaka, tetapi dengan nyawa-Nya. Dia juga tidak menunggu sampai kita berbuat baik barulah Ia mengasihi kita.

“Kita menerima cinta Yesus dengan tulus tanpa pamrih, maka sudah seharusnya tindakan nyata inilah yang perlu  dipraktekkan dalam hidup kita. Bahwa berbuat baik itu tanpa harus menunggu diperlakukan baik terlebih dahulu”.

Itulah pesan Natal dari Paus Fransiskus di tahun 2019 ini. Semoga pesan-pesan ini dapat kita terapkan dalam hidup kita.

Sumber : vaticanews.va

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Serahkan Istirahat Malammu Kepada Tuhan Melalui Dua Doa Malam Sebelum Tidur Ini

Edeltrudizh

Menghadapi Masalah? Bacalah 10 Ayat Kitab Suci Tentang Percaya dan Berserah Kepada Tuhan

Admin

Doa Katolik untuk Masalah Finansial atau Keuangan

Admin

2 comments

Seorang Uskup dan Romo di Cina Diduga Terinfeksi Virus Korona. Mari Kita Doakan | Katolikpedia.id February 5, 2020 at 1:38 am

[…] BACA: Paus Fransiskus : Cinta Allah itu Tulus, Tak Bersyarat dan Tanpa Negosiasi […]

Reply
Jadwal Misa Sore Ini dan Hari Minggu Besok Secara Online dari Gereja Katedral Jakarta | Katolikpedia.id March 21, 2020 at 12:05 pm

[…] BACA: Paus Fransiskus : Cinta Allah itu Tulus, Tak Bersyarat dan Tanpa Negosiasi […]

Reply

Leave a Comment