Katolikpedia.id

Konyol! Pria ini Membakar Salib dan Menyerang Gereja Saat Misa Sedang Berlangsung

serangan-terhadap-gereja-katolik

Katolikpedia.id – Seorang pria berusaha membakar sebuah salib di halaman Gereja, kala umat sedang mengikuti Misa hari Minggu. Kejadian naas ini terjadi di Gereja Katolik St. Martin De Porres di desa Pierrot, Castries, Negara St. Lucia.

Pelaku yang namanya belum dibocorkan ke media ini secara tiba-tiba memasuki halaman gereja lalu membakar salib yang tertanam di depan Gereja.

Saat memasuki halaman gereja, tangannya sudah menggegam dua alat pembakar rakitan. Sambil melangsungkan aksinya, pelaku meneriakan kata “penghakiman”.

Sebagian patung Yesus yang bergantung pada salib, langsung dilahap si jago merah. Beruntungnya, petugas yang sudah mengetahui adanya penyerangan ini, langsung sigap dan memadamkan api, sehingga kobaran api tidak menyambar gedung Gereja.

Ketika petugas sibuk membereskan api, pria tersebut lagi-lagi menggenggam dua alat pemicu kebakaran itu dan dengan gesit memasuki bagian dalam Gereja. Sepertinya ia tak cukup puas dengan aksi sebelumnya. Umat dalam Gereja yang sedang hening mengikuti Misa, dikejutkan dengan suara teriakannya.

Menyadari bahwa ada aksi penyerangan terhadap Gereja, Diakon Harris Wilfred yang saat itu bertugas, langsung menghadang pelaku dan mencoba untuk mengusirnya.

“Pria itu masuk ke dalam gereja dan di hadapan saya ia mengatakan, ‘kebakaran…kebakaran!’ Spontan, saya langsung meraih salib di depan saya saat itu, dan mengatakan kepadanya, ‘Lihat ini! Pergilah, pergilah!” tutur Diakon Harris Wilfred kepada media setempat.

Baca Juga: Sadis! Pria Ini Menyiram Minuman ke Altar Saat Konsekrasi

Kecaman Uskup

Uskup Keuskupan Agung Castries, Mgr. Robert Rivas sangat menyesalkan peristiwa itu. Apa lagi, ini berlangsung di tengah pandemi, di mana umat sedang dihadapkan dengan situasi sulit dengan banyak ketidakpastian.

“Penyerangan dilakukan saat Misa hari Minggu tengah berlangsung. Situasi di mana umat sedang berdoa untuk negara mereka yang sedang berjuang melawan pandemi ini, juga mendoakan keluarga dan umat satu sama lain. Di tengah momen baik ini (saat sedang berdoa), kami justru diserang dengan kejahatan,” kata Bapa Uskup dalam unggahan video di fanpage @archdioceseofcastries

Mgr-Robert-Rivas-soal-serangan-terhadap-gereja-katolik
(Foto: @archdioceseofcastries)

Menurut Mgr. Robert Rivas, Gereja adalah tempat yang nyaman, di mana umat bisa menemukan kedamaian di sana, bukan tempat untuk melakukan kekerasan.

“Gereja adalah salah satu tempat di mana orang mencari kedamaian, di mana umat dipersatukan sebagai satu saudara dalam seiman. Gereja adalah tempat ibadah di mana kita memberikan penghormatan dan pujian serta kemuliaan bagi Tuhan. Gereja adalah tempat kedamaian.” lanjut Uskup, yang sudah menjabat sebagai Uskup Agung Castries, Saint Lucia, Antilles sejak 2008 lalu ini.

Mgr. Rivas beranggapan bahwa pelaku mungkin saja memiliki riwayat penyakit mental atau sedang dalam gangguan psikologis. Dia mengingatkan agar umat selalu waspada akan keselamatan mereka.

Himbauan Uskup

Meski umatnya baru saja melewati kejadian tak mengenakan, Mgr. Rivas tetap menghimbau umatnya agar tetap memiliki sikap belas kasih dan mau memaafkan pelaku serta selalu bersikap baik kepada siapa saja yang mengidap gangguan mental.

Belajar dari kejadian ini, kita sebagai umat Katolik di Indonesia harus tetap waspada. Meski belum pernah mengalami masalah serupa, dukungan doa tetap kita panjatkan agar kasus penyerangan di Gereja Katolik St. Martin De Porres segera diselesaikan dengan baik.

Seperti dilansir dari catholicnewsagency.com, hingga saat ini identitas pelaku belum dibeberkan. Motif di balik penyerangan ini pun masih  intens ditangani Polisi setempat. Harapannya, kasus-kasus penyerangan terhadap gereja Katolik yang sedang marak ini, tak terjadi lagi di Gereja Kastolik lainnya.

NB: Simak berita seputar penyerangan gereja Katolik lainnya di video berikut!

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

3 Penampakan Bunda Maria Paling Fenomenal di Negara Minoritas Katolik

Tiwie Pert

Paus Fransiskus Ajak Umat Katolik Gaungkan Doa untuk Lebanon

Admin

Puji Tuhan! Inilah Kondisi Terkini Mgr Kornelius Sipayung OFMCap

Steve Elu

Leave a Comment