14 Ayat Alkitab tentang Amarah Ini Bisa Membantu Menenangkan Hatimu

Katolikpedia.id – Perasaan amarah kerap kali hadir tanpa kita inginkan dan biasanya datang di situasi yang tak terduga pula. Perasaan ini bisa saja merusak mood kita dalam menjalankan aktivitas seharian. Lalu bagaimana tips untuk mengendalikan emosi menurut ajaran Katolik?

Nah berikut ini, Katolikpedia.id merangkum ayat-ayat alkitab tentang amarah yang bisa direnungkan dan dijadikan sebagai bahan pertimbangan ketika dihadapkan dengan perasaan emosi, baik untuk diri sendiri maupun orang-orang di sekitar kita.

1. Amsal 29 : 22

Kita perlu melatih diri untuk mengontrol emosi dengan baik. Jika tidak, maka masalah yang awalnya sepele bisa berubah menjadi masalah besar, bahkan berujung perkelahian.

ayat-alkitab
Amsal 29 : 22 (Foto : Katolikpedia.id)

2. Mazmur 37 : 8

Jangan mengambil keputusan dan bertindak dalam keadaan emosi, karena kita bisa saja membuat keputusan yang salah. Luangkanlah waktu sesaat untuk menenangkan diri sebelum mengambil keputusan.

ayat-alkitab-marah
(Foto : created by Katolikpedia.id)

3. Pengkotbah 7 : 9

Biasakan diri untuk tidak segera terpancing dengan perkataan orang yang menimbulkan emosi dalam hati. Marah memang normal, tetapi kita tidak seharusnya menyimpan dendam karena itu sia-sia dan melelahkan.

ayat-alkitab-tentang-marah-2
(Foto : created by Katolikpedia.id)

4. Amsal 15 : 1

Setiap orang pasti punya rasa amarah dalam hati. Tapi itu tidak bisa dijadikan alasan untuk melontarkan kata-kata kasar pada lawan bicara kita. Dalam kitab suci, kita diajar untuk bertutur kata lembut, so…terapkan itu dalam hidupmu.

ayat-alkitab-tentang-marah-1
(Katolikpedia.id)

5. Efesus 4 : 26

Cukup beberapa menit saja, jangan membiasakan diri untuk menyimpan amarah terlalu lama dalam hati seperti yang diajarkan oleh St. Paulus ini.

ayat-kitab-suci-tentang-marah
(Foto : created by Katolikpedia.id)

6. Amsal 14 : 17

Perasaan amarah itu masih bisa dikendalikan dengan baik, asalkan kita punya kemauan untuk mencoba. Jika gagal, maka coba lagi, lagi dan lagi.

ayat-alkitab-marah-1
(Foto : Katolikpedia.id)

7. Matius 5:22

Semua tindakan pasti punya konsekuensi, terutama jika kita bertindak karena amarah dan kepicikan. So, masih maukah kita marah-marah?

ayat-alkitab-kendalikan-emosi
(Foto : created by Katolikpedia.id)

8. Efesus 4 : 31

Sebagai pengikut Kristus, kita harus pandai mengontrol diri untuk tidak menimbulkan perkelahian hanya karena tersakiti dengan kata-kata tetangga atau saudara kita. cobalah sekuat tenaga untuk tenang dan berbicara dengan cara yang baik.

ayat-kitab-suci-tentang-amarah-1
(Foto : created by Katolikpedia.id)

9. 2 Timotius 2 : 23-25

Dalam keseharian, terkadang kita dikelilingi oleh banyak orang dengan pola sikap yang berbeda-beda termasuk sikap negatif yang mereka tunjukan kepada kita.

Maka yang harus kita lakukan adalah tak perlu menyimpan perlakuan mereka itu dalam hati kita, apalagi mencontohi sikap itu. Tetaplah bersikap baik, karena Tuhan menyukai hal-hal baik.

ayat-alkitab-marah-2
Ayat alkitab (Foto : Katolikpedia.id)

10. Amsal 14 : 29

Kita diciptakan Tuhan dengan sempurna dan dianugerahi kemampuan dalam diri masing-masing. Maka mari menggunakan kemampuan itu untuk mengendalikan rasa marah kita. Perkayalah pribadi kita dengan sikap sabar.

ayat-alkitab-tentang-marah-dan-emosi
(Foto : created by Katolikpedia.id)

11. Yakobus 1 : 19 – 20

Berserah kepada Tuhan adalah salah satu tips untuk mengendalikan emosi. Mintalah Dia untuk membimbing dan mengontrol diri kita.

ayat-alkitab-1
Ayat alkitab (Foto : Katolikpedia.id)

12. Amsal 29 : 11

Hanya orang bodoh yang memilih merelakan diri mereka dikuasai kemarahan, karena hanya orang bijak yang mampu mengendalikan kemarahan dalam diri mereka. Jadi, kamu pilih yang mana, menjadi orang bodoh atau bijak?

ayat-alkitab-3
(Foto : created by Katolikpedia.id)

13. Amsal 22 : 24-25

Jika lingkungan pergaulan mulai memberikan efek negatif, maka menjauhlah sebisa mungkin, karena ketika salah memilih teman dalam pergaulan sehari-hari, maka kita bisa saja terpengaruh dengan tindakan mereka. Carilah suasana baru!

ayat-alkitab-2
(Foto : created by Katolikpedia.id)

14. Yakobus 4 : 1-2

Memilih untuk membiarkan kemarahan dan kecemburuan tinggal dalam hati akan menyebabkan dosa. Jadi, jangan biarkan amarah menambil alih seluruh hidupmu!

ayat-alkitab-tentang-emosi
(Foto : created by Katolikpedia.id)

NB : Tim Katolikpedia sedang menjalankan program #travelrohani di youtube. Silakan dukung kami dengan cara Like, Share, Subscribe dan Comment ya.

2,905 total views, 7 views today

Bagikan Artikel Ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *