Katolikpedia.id

Ini 6 Fakta Menakjubkan tentang Malaikat Pelindung. Kamu Harus Tahu!

fakta-tentang-malaikat-pelindung

Katolikpedia.id – Semua umat Katolik pasti sudah tahu apa itu Malaikat Pelindung. Tapi apakah kamu juga tahu fakta-fakta menakjubkan tentang Malaikat Pelindung yang kita yakini itu?

Jika kamu belum mengetahuinya, maka kamu harus menyimak penjelasannya pada artikel “Fakta Menakjubkan tentang Malaikat Pelindung” ini.

1. Diperingati setiap 2 Oktober

Dalam kalender liturgi gereja Katolik, tepatnya pada tanggal 2 Oktober, ditandai sebagai peringatan wajib bagi para Malaikat Pelindung.

Penetapan tersebut bukan asal-asalan saja, tapi ada prosedur dan prosesnya, dan secara resmi disetujui oleh Paus.

Peringatan wajib para Malaikat Pelindung ini ditetapkan oleh Paus Klemens X pada tahun 1670. Ini merupakan penghormatan khusus kepada para malaikat yang melindungi kita setiap hari.

Menurut St. Thomas Aquinas, setiap orang, Negara, Kota, Keuskupan dan Paroki, pasti memiliki Malaikat Pelindung masing-masing.

Tugas Malaikat Pelindung adalah melindungi kita setiap saat, dari waktu ke waktu agar kita terhindar dari segala marabahaya.

Kita sangat berhutang kepada Malaikat Pelindung kita masing-masing karena mereka adalah ciptaan Tuhan yang menakjubkan yang bertugas untuk melindungi kita tanpa sepengetahuan kita.

2. Setiap orang di dunia pasti memiliki Malaikat Pelindung (Entah itu Katolik ataupun tidak)

Pernyataan tentang setiap orang memiliki Malaikat Pelidung ini diyakini oleh para teolog yang kemudian dikemas dan tertuang dalam YOUCAT no.55 : “Setiap orang memiliki Malaikat Pelindung yang dikirim oleh Allah”.

YOUCAT adalah katekismus orang muda Gereja Katolik yang direkomendasikan oleh Paus Emeritus Benediktus XVI.

Kita semua sudah dianugerahi Malaikat Pelindung, maka sudah sepantasnya kita selalu menyediakan waktu kita untuk berdoa pelindung kita masing-masing.

Baca Juga : Doa Kepada Malaikat Pelindung yang Bisa Kamu Doakan Setiap Hari

3. Malaikat Pelindung ditunjuk Tuhan sejak kita lahir

Dalam Katekismus Gereja Katolik (KGK) dijelaskan bahwa “Dari awal sampai mati, kehidupan manusia dikelilingi oleh perhatian, pengawasan dan campur tangan Malaikat Pelindung. Di samping setiap orang yang percaya, berdiri Malaikat sebagai pelindung dan gembala yang menuntunnya sepanjang hidupnya.”

Dalam Kitab Suci juga sudah tertulis tentang kehadiran Malaikat Pelindung. Ini tertuang dalam kitab Matius 18 : 10.

fakta-tentang-malaikat-pelindung
(Foto : Katolikpedia.id)

4. Malaikat Pelindung memiliki nama khusus yang diberikan oleh Tuhan

Setiap Malaikat Pelindung memiliki nama khusus yang diberikan oleh Tuhan. Perihal nama ini, kita tak perlu tahu, karena ini merupakan urusan Tuhan.

Kita tidak memiliki otoritas penuh atas Malaikat Pelindung kita. Tugas Malaikat Pelindung adalah melapor kepada satu komandan yakni Tuhan sendiri.

Kita boleh meminta bantuan mereka, tetapi kita seharusnya tidak merasa bahwa mereka siap membantu kapanpun seturut kehendak kita.

Gereja Katolik pun telah menginstruksikan kepada kita bahwa, “Praktek pemberian nama pada Malaikat Suci harus dihilangkan, kecuali dalam kasus Gabriel, Rafael dan Mikhael yang namanya tercantum dalam Kitab Suci.”

5. Kita tidak menjadi Malaikat Pelindung saat sudah meninggal

Pernahkah terlintas pertanyaan, bahwa jiwa seseorang yang sudah meninggal akan menjadi Malaikat Pelindung? Jawabannya adalah tidak.

Tidak ada cara bagi kita untuk berubah menjadi malaikat setelah kematian. Ketika kita mati, kita mungkin terpisah dari tubuh kita tapi kita tidak menjadi Malaikat Pelindung, karena semua Malaikat Pelindung diciptakan pada awal penciptaan.

Hal ini tertuang dalam kitab Yeremia, “Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa.” (Yeremia 1: 5).

fakta-tentang-malaikat-pelindung
(Foto : Katolikpedia.id)

Dan perlu kita ketahui bahwa Tuhan memiliki Malaikat Penjaga untuk kita semua ketika Dia menciptakan dunia ini.

6. Malaikat Pelindung selalu ada di samping kita

Malaikat Pelindung digambarkan sebagai seorang “gembala” yang dihadirkan Allah untuk melindungi dan menuntun kita ke kehidupan abadi.

Tujuan utama mereka adalah membantu kita masuk surga. Maka kita diharuskan untuk berdoa kepada mereka setiap hari, meminta bantuan mereka dalam setiap kebutuhan kita.

Gereja menyediakan doa yang sangat baik yang dapat didoakan oleh semua kalangan, baik itu kalangan muda dan maupun yang sudah lanjut usia. Berikut adalah doa singkat untuk Malaikat Pelidung.

“Malaikat Tuhan, pengawalku yang baik, beradalah selalu di sisiku untuk menerangi dan menjaga langkahku. Bimbinglah dan tuntunlah aku, Amin.”

Sumber : Aleteia.org

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Jadwal Misa Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 Paroki-paroki di Jakarta Timur dan Bekasi

Admin

Ajari Toleransi, 4 Artis ini Tumbuh dalam Keluarga Katolik-Islam

Admin

Pesan Paus Fransiskus : Maafkanlah dan Kasihi Musuhmu

Edeltrudizh

1 comment

Telah Meninggal Dunia Pastor Redemptus Hardaputranta SJ. Mari Doakan! | Katolikpedia.id March 6, 2020 at 7:10 pm

[…] BACA: Ini 6 Fakta Menakjubkan tentang Malaikat Pelindung. Kamu Harus Tahu! […]

Reply

Leave a Comment