Katolikpedia.id

Aktor Pierce Brosnan: Saya Kuat Karena Tuhan Yesus

pierce-brosnan-dan-iman-katoliknya

Katolikpedia.id – Pierce Brosnan adalah aktor senior yang kiprahnya di dunia Hollywood masih kita nikmati hingga saat ini. Banyak film sudah dibintanginya, baik film bergenre action maupun romantis.

Dia tergolong salah satu aktor Hollywood yang sukses. Tapi, di balik kesuksesannya itu, Pierce pun pernah melewati masa-masa sulit sepanjang hidupnya.

Pengalaman pahit yang dialami Pierce Brosnan ini mengingatkan kita bahwa setiap manusia, sekaya apapun dirinya pasti pernah punya masalah. Tak ada hidup yang baik-baik saja.

Meski begitu, kita percaya bahwa setiap masalah pasti ada solusinya. Nah, beberapa waktu lalu dalam sebuah wawancara singkat, aktor berdarah Irlandia ini membagikan pengalaman pahitnya itu.

Bukan cuma itu, bintang film November Man ini juga ikut berbagi tips khusus yang ia terapkan saat hidupnya sedang tidak baik-baik saja.Tips ini sangat berkaitan erat dengan imannya sebagai seorang aktor Hollywood yang beragama Katolik.

Kira-kira pengalaman pahit seperti apa yang dialami seorang Pierce Brosnan ini? Dan bagaimana ia melewati masa sulit itu? Yuk, mari kita simak dalam beberapa poin ini:

Baca Juga: Mengenang Kobe Bryant dan Iman Katoliknya yang Sungguh Inspiratif

Hidup susah sejak kecil

Melihat kesuksesannya di kancah perfilman Hollywood, mungkin kita beranggapan jika hidup Pierce Brosnan sudah bergelimang harta sejak kecil.

Jika selama ini kamu salah satu fansnya yang beranggapan demikian, maka kamu salah besar. Pierce lahir di tengah keluarga yang serba kekurangan.

Ditinggal sang ayah

Dalam keadaan sulit itu, Pierce Brosnan juga harus menghadapi kenyataan pahit. Ayahnya, Thomas Brosnan yang berprofesi sebagai seorang tukang kayu, memilih pergi dari kehidupannya.

Praktis, dia tumbuh hanya dalam asuhan seorang ibu. Kepergian ayahnya semakin menambah sulit kondisi mereka. Ibunya, May Smith harus berjuang keras untuk menafkahi Pierce.

Bukan sekedar menafkahi saja, May Smith juga harus berusaha untuk memperbaiki keadaan ekonomi mereka yang saat itu tergolong miskin. Karena jika ia tak mampu menaikan status ekonomi mereka, maka hak asuh Pierce Brosnan akan diambil alih oleh pemerintah Irlandia.

Hal ini karena, saat itu pemerintah Irlandia memberlakukan aturan, “siapapun keluarga yang memiliki anak tetapi tidak mampu membiayai hidup, maka anak tersebut akan diambil alih oleh negara.”

Cinta seorang ibu memang luar biasa. Ia tak akan pernah membiarkan buah hatinya menderita. Sebagai seorang ibu, hati May Smith pun tidak tega untuk merelakan putra kesayangannya.

Dengan berat hati, keputusan sulit harus diambil. May Smith berpindah ke Inggris dan bekerja di sana. Sedangkan, Pierce kecil tetap di Irlandia, bersama kakek dan neneknya.

Mengenang masa itu, aktor sekaligus produser ini mengakui bahwa masa-masa itu adalah masa kecil yang sulit dan penuh kemiskinan.

Dasar iman Katolik dimiliki sejak kecil

Di tengah kemiskinan itu, Pierce kecil dibekali dengan pendidikan iman Katolik yang sangat kuat. Kakek dan neneknya sudah membiasakannya untuk selalu mendekatkan diri kepada Tuhan sejak kecil.

Sedangkan ibunya, bekerja dengan sangat keras demi menyekolahkan Pierce di lembaga-lembaga pendidikan Katolik. Wajar jika saat ini ia termasuk dalam list aktor Hollywood yang kehidupannya cukup religius.

“Saya dibesarkan sebagai seorang Katolik Irlandia. Dimana iman Katolik itu telah membantu saya melewati masa sulit dan kemiskinan dalam hidup saya,” ujar Pierce Brosnan di Ireland’s Late Show, beberapa pekan lalu.

Aktor kondang ini adalah salah satu dari sedikit selebriti internasional yang secara terang-terangan berbicara soal iman Katoliknya di hadapan publik. Seperti yang kita tahu, bahwa hanya segelintir seleb Hollywood yang mau mengandalkan Tuhan dalam hidup mereka.

#Luka kehilangan

Usai menamatkan sekolah, aktor yang kini menginjak usia 67 tahun ini memulai karirnya sebagai seorang pelukis dan ilustrator iklan di sebuah studio, di London. Dalam perjalanan karirnya, pria kelahiran 1953 ini sudah melewati berbagai tikungan penuh derita.

pierce-brosnan-dan-iman-katoliknya
(Foto: created by Katolikpedia.id)

Baca Juga: Inspiratif! Ratu Kecantikan Ini Tinggalkan Popularitasnya Demi Menjadi Biarawati

Ya, tantangan dalam hidup itu memang tidak mengenal waktu. Meski sudah sukses seperti sekarang, bukan berarti hidup Pierce Brosnan selalu bahagia. Justru di saat kesuksesan sedang dinikmati, duka datang mewarnai.

28 Desember 1991, Pierce Brosnan kehilangan istrinya, Cassandra Harris. Kanker ovarium merenggut nyawa perempuan yang juga seorang aktris asal Australia itu. Kepergian Cassandra Harris menyisakan luka mendalam bagi hidup Pierce Brosnan. Apalagi saat itu, ketiga anaknya masih kecil.

Di tahun 2013, lagi-lagi aktor Hollywood Katolik ini kembali merasakan duka kehilangan. Putrinya, Charlotte Brosnan meninggal dunia. Ia mengidap penyakit yang sama seperti ibunya, kanker ovarium.

Dua kali kehilangan orang yang dicintainya membuat bintang film IT ini memaknai peristiwa kehilangan sebagai sebuah tragedi paling kejam dalam hidup.

“Kehilangan seseorang yang berbagi segalanya denganmu, adalah sebuah kekejaman yang luar biasa”

Pierce Brosnan

Butuh usaha keras untuk bisa bangkit lagi. Sepuluh tahun setelah kepergian istrinya, Pierce Brosnan kembali membuka hatinya. Tahun 2001, ia menikahi seorang jurnalis AS, Keely Shaye Smith. Keduanya dikaruniai dua orang anak.

#Mengandalkan Tuhan

Diterpa masalah bertubi-tubi, ayah lima anak ini tidak pernah berpikir untuk menjauh dari Tuhan atau menyalahkan Tuhan atas apa yang telah terjadi. Justru, dengan benih-benih iman Katolik yang sudah dikantonginya sejak kecil, ia berusaha untuk tabah dan berdamai dengan kenyataan pahit itu.

Karena hal ini, Pierce Brosnan sering mengakui bahwa ia merasa bangga menjadi seorang Katolik. Rasa bangga ini bukan merujuk pada sebuah kesombongan, tapi sebagai bentuk pengakuan atas apa yang sudah diterimanya dari Tuhan.

“Hanya berkat pendidikan yang saya dapat sejak kecil dan keyakinan agamalah yang memberi saya kekuatan untuk terus melanjutkan kehidupan”

Baginya, hidup harus punya iman dan perlu mengandalkan Tuhan, dalam kondisi sulit maupun bahagia. Dia berharap agar setiap orang juga mau menjadikan Tuhan sebagai pegangan dalam hidup.

“Akan sangat membantu jika kita mengantongi ‘sedikit’ doa. Pada akhirnya, kamu juga perlu mengandalkan sesuatu dalam hidupmu. Dan bagi saya, itu adalah Tuhan Yesus, iman dan pendidikan Katolik saya.

Tuhan begitu baik. Dia telah menyelamatkan saya saat hidup penuh derita, keraguan dan ketakutan. Momen itu menyadarkan saya, bahwa pertolongan Tuhan itu nyata.

Salah satu hal yang perlu kita pelajari dari aktor ini adalah prinsip imannya. Baginya, menjadi seorang Katolik adalah harga mati dalam hidup. Itu yang sering ia katakan.

Dan terbukti, dari kecil hingga sekarang, iman Katoliknya tetap kuat dan tak pernah pudar, meski sudah menjadi aktor terkenal.

“Saya katakan, bahwa menjadi orang Irlandia dan seorang penganut Katolik sudah tertanam dalam DNA saya”

Bagaimana menurutmu? Apakah kamu juga punya prinsip yang sama seperti Pierce Brosnan, bahwa menjadi Katolik adalah harga mati? Apakah kamu bangga dengan imanmu? Silakan share jawabanmu di kolom komenar ya…

Sumber: Aleteia.org, people.com, femalefirst.co.uc

NB: Silakan ikuti update berita Katolik lainnya di youtube Katolik Pedia ya. Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe.

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Transportasi Menuju Gua Maria Rangkasbitung, Mudah Terjangkau dari Jakarta

Steve Elu

Yuk, Kepoin 7 Fakta Penting & Unik tentang Keluarga Paus Emeritus Benediktus

Steve Elu

Ini Deretan Aktor Pemeran Tokoh Yesus. Ada Juga yang Muslim

Edeltrudizh

2 comments

Avatar
Maxi waworundeng May 26, 2020 at 8:03 am

Saya hidup sampai sekarang ini karena Imanku, iman katolikku….

Reply
Admin
Admin May 27, 2020 at 12:48 pm

Amin. KIta harus tetap mencintai Katolik dalam keadaan apa pun.

Reply

Leave a Comment