Katolikpedia.id

Vokasionis Panen 3 Imam dan 2 Diakon di Napoli, Italia

tahbisan-imam-dan-diakon-indonesia-di-napoli-italia

Katolikpedia.id – Pada tanggal 3 Desember 2020 terdapat 3 diakon yang ditahbiskan menjadi imam dan 2 frater yang ditahbiskan menjadi diakon dalam konggregasi Vokasionis. Perayaan Pentahbisan berlangsung di Italia, provinci Napoli dan dipimpin oleh Mrg. Pasquale Cascio.

Uskup Agung yang sementara bertugas di Keuskupan Santo Angelo Lombardi dalam kotbahnya menegaskan bahwa para imam dan diakon yang baru saja ditahbiskan harus membangun hidup seturut fondasi Yesus Kristus.

Mendengarkan sabda Tuhan dan tidak melaksanakannya sama dengan orang membangun rumah di atas pasir yang diterpa badai dan cepat runtuh.

MOHON DUKUNGAN:

Kita harus bekerjasama dengan Tuhan untuk membangun keadilan-Nya di dunia ini. Lanjutnya, bahwa hidup ibarat membangun rumah secara terus menerus.

Gereja menjadi tempat yang cocok untuk kita bersaksi tentang kebenaran Tuhan. Panggilan adalah mendengarkan Tuhan berbicara dan mewartakannya kepada orang lain. Karena panggilan tidak hanya milik satu orang tetapi milik semua orang lewat kesaksian kita.

Perayaan Ekaristi berlangsung dengan aman sesuai dengan protokol covid-19. Koor dimeriahkan oleh para umat separoki Keluarga Kudus Pianura bersama para suster Vokasionis.

Baca Juga: Beato Carlo Acutis: Contoh untuk Kaum Muda Milenial

Hadir juga dalam perayaan tersebut, yakni pemimpin umum Vokasionis, P. Antonio Rafael do Nascimento, SDV dan wakil general, P. Ciro Sarnataro, SDV beserta para dewan: P. Salvator Musela, SDV (dewan bagian formasi), P. Armando Palmieri, SDV (ekonom general) dan P. Robert Mathew Kannanthanath, SDV (sekretaris general).

Selain itu, terdapat pula para imam konselebran, para suster, frater dan umat turut memadati Gereja Paroki Keluarga Kudus Pianura, Napoli.

Konggregasi Vokasionis bersyukur kepada Tuhan karena walaupun dalam masa pandemi, Tuhan masih memilih dan mengutus orang – orang pilihan-Nya seturut misi dan spiritualitas konggregasi. Mereka yang ditahbiskan adalah:

  • P. Edwin Andrés Pinzón Rendón, SDV  (Kolombia)
  • P. Michael Chibuzor Okondu, SDV                    (Nigeria)
  • P. Rivo Stephan Anjarasoa, SDV                        (Madagaskar)
  • Diakon Antonius Mboi, SDV                  (Indonesia)
  • Diakon Elvianus Nana, SDV                   (Indonesia)

Komunitas Vokasionis di Indonesia juga turut berbahagia karena kedua diakon yang ditahbiskan berasal dari Indonesia, yakni Diakon Anton Mboi, SDV dari Paroki Kabar Gembira Werana – Keuskupan Agung Ruteng dan Diakon Vian Nana, SDV dari Paroki St. Yohanes Rasul Rafau – Keuskupan Atambua.

tahbisan-diakon-elvianus-nana-sdv-dan-diakon-antonius-mboi-sdv
Diakon Elvianus Nana, SDV & Diakon Antonius Mboi, SDV (Foto: Diakon Vian Nana, SDV)

Konggregasi Vokasionis menetap di Indonesia sejak tahun 2006 untuk para calon imam dan telah menghasilkan 9 imam dan 5 diakon.

“Saya akan menghabiskan hidup saya untuk menghidupkan dan memupuk panggilan akan iman, dan akan kekudusan”, spenderò la mia vita per suscitare e coltivare vocazioni alla fede, al sacerdozio e alla santità. Demikian ungkap pater pendiri Vokasionis, beato Justin Russolillo yang sesaat lagi akan dikanonisasi menjadi santo.

Berita ini dilaporkan oleh Diakon Elvianus Nana, SDV dari Roma, Itlaia.

Tulis Komentar Anda:

Artikel Terkait:

Aktor Pierce Brosnan: Saya Kuat Karena Tuhan Yesus

Edeltrudizh

Seorang Uskup dan Romo di Cina Diduga Terinfeksi Virus Corona. Mari Kita Doakan

Steve Elu

Setelah Satu Seminaris Dibunuh, Kini Giliran Seorang Romo Diculik dan Belum Diketahui Nasibnya

Tiwie Pert

Leave a Comment